Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

Rombong Impian Misti Diwujudkan Jalin Matra

Lumajang - Misti terharu dan senang ketika pendamping Desa Jalin Matra memberitahunya bahwa dia tercatat sebagai penerima Program Jalin Matra 2017. Di benaknya, sudah tergambar rombong usaha yang selama ini diimpikannya.

Program Jalin Matra Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan (PFK) Pemprov Jatim memang memberinya bantuan berupa rombong untuk usaha Kepala Rumah Tangga Perempuan warga Dusun Krajan II RW 05 RT 10 Desa Penawungan Kecamatan Ranuyoso, Kabupaten Lumajang ini. "Alhamdulillah dengan adanya rombong semoga usaha saya terus berkembang," jelasnya.

Di usia yang sudah separuh abad ini masih harus bekerja sekuat tenaga untuk menghidupi keluarganya. Siang malam, panas terik menyengat, hujan lebat tak jadi hambatan bagi Ibu Misti melakukan aktivitas sehari-hari sebagai pedagang makanan dan minuman keliling.

Berbekal kemampuan memasak, Misti mencoba memperjuangkan hidupnya dengan berjualan makan dan minuman. Sementara masih berjualan di rumah kadang jika barang dagangan masih ada harus dijajakan keliling ke rumah-rumah agar modal usahanya tidak habis karena barang dagangan yang tidak laku.

Dia ingin mengembangkan usahanya dengan membeli rombong agar jualannya bisa dijajakan dan bisa dinikmati orang banyak sehingga bisa jemput bola. Tidak menunggu pembeli yang datang ke rumahnya. Hal ini sebuah usaha yang semata-mata ingin meningkatkan pendapatan keluarganya.

Sementara ini, Misti menjajakan barang dagangannya dengan keranjang yang hanya cukup untuk beberapa dagangan saja. Cita-citanya ingin memiliki rombong yang bisa dibuat untuk mengelilingkan dagangannya. Sehingga penghasilan yang dia dapat akan lebih banyak dari hanya Rp 600 perbulan selama ini. (nanik/red)

 
Copyright © 2009 - 2024 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.