Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

KISAH SINGKAT Bpk SUKADI PEMANFAAT BANTUAN JALIN MATRA BRTSM

Bapak Sukadi, 39 Tahun bapak satu anak ini bekerja sehari hari sebagai kuli bangunan serabutan. Ketika musim kemarau seperti ini maka bapak sukadi hamper tiap hari bisa bekerja sebagai kuli bangunan, hal itu karena banyak masyarakat desa ini membangun rumah atau sekedar merenovasi rumahnya, disamping itu Bapak sukadi selalu ikut dalam kegiatan bangunan proyek fisik yang diadakan oleh desa.

 

 

Salah satu yang ikut dalam kegiatan adalah pembangunan jalan Rabat Beton jalan lingkungan dan Pembangunan Drainase yang diadakan oleh Desa sebagai program bangunan fisik Dana Desa. Bersamaan dengan itu datangnya Program Bantuan Rumah Tangga miskin Jalin Matra yang diberikan oleh Pemerintahan Propinsi Jawa Timur  tahun 2017 ini. Bapak sukadi yang termasuk salah satu Rumah Tangga yang mendapatkan Bantuan tersebut. Setelah  Verifikasi dan identifikasi kebutuhan Bapak sukadi sepakat dengan istrinya ( Siti Musahadatun Khotimah) untuk mencoba usaha baru berupa Toko dengan menjual Elpiji dan Air isi Ulang.  Mengingat istri bapak sukadi yang hari harinya membantu suami dengan serabutan (membantu  pekerjan rumah tangga tetangga) dengan upah yang tidak menentu. Hal  itu dilakukan untuk membantu suaminya dalam memenuhi kegutuhan kehidupannya sehari hari. Bantuan Jalin Matra ini sepakat bapak sukadi memberikan usaha baru untuk istrinya sebagai pemanfaat bantuan tersebut.

Bantuan Jalin Matra tiba pada realisasi pelaksanaan bantuan . bapak Sukadi menerima Barang berupa Elpiji 10 buah , gallon isi ulang 16 buah, air mineral kardus 10 buah sembako beras 25 Kg. seminggu berjalan bapak sukadi merundingkan dengan istrinya untuk mengembangkan usahanya tidak sebatas barang yang diterimanya saja . barang dagangan yang diterima tidak butuh waktu lama sudah terjadi sirkuasi barang. Hal menarik dari ibu siti dalam melakukan dagangan ini dengan cara menjemput  kesempatan, mendatangi  calon pelanggan menawarkan barang sekaligus mengantarkanya. Jadi beberapa tetangga lingkungan rumahnya semuanya mengambil keperluan elpiji dan gallon isi ulang dari ibu Siti.  Untuk mengantarkan barang pesananan pelanggannya Ibu Siti mengantarkan barang tersebut dengan menggunakan sepeda  onthel . dari beberapa  hari ibu siti selalu berkoordinasi dengan pendamping Desanya maka hasil dari jualan barang bantuan tersebut ditambah dengan uang simpanannya maka ibu siti mengembangkan usahanya dengan menjual jajanan dan sosis. Hal itu disebabkan karena jumlah anak anak kecil disekitar rumahnya jumlahanya lumayan untuk bias memanfaatkan daganganganya. Maka  bapak sukadi merubah rumah tinggalnya untuk dijadikan Toko yang lebih lumayan dan tampak jelas dilihat sebagai took kebutuhan pokok rumah tangga. Dari barang bantuan dan tambahan usahanya bisa dilihat keuntungannya yang sangat signifikan. Dari penghasilan rata2 perhari bisa mencapai 30.000 – 40.000 perhari sehingga keluarga bapak sukadi merasa sangat terbantu dengan Bantuan dari program jalin matra ini dengan penghasilan rata rata perbulan bisa menghasilkan pendapatan sejumlah 600. 000 rubu rupiah.

Salah satu dari penerima bantuan yang bias tersenyum setiap harinya, bapak Sukadi yang mempunyai putra semata wayangnya yang duduk di kelas 1 Sekolah Dasar di Desa  tersebut. Putra bernama M. Ibrahim. Pasangan rumah tangga ini selalu berharap agar setelah ini masih ada perhatian dari pemerintah untuk pengembangan usahanya dan tidak sebatas dalam bantuan program ini saja. Ini menikmati hasil usahanya orang tuanya  yang sedang mengembangkan usaha dari bantuan pemerintah propinsi jawa timur. Ucapan terima kasih dan harapan yang sangat besar terlontar dari  bibir pasangan rumah tangga tidak mampu ini ,terima kasih pakde karwo. Terima kasih pemerintah propinsi jawa timur. Semoga Allah senantiasa melimpahkan keberkahan kepada kita sekalian, Amiiin ya Robbal Alamin. (By. Ali Makhmud/Pendamping )

 
Copyright © 2009 - 2024 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.