Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

KRTP Bawean Belajar Membuat Produk Olahan Ikan

Gresik - Pengembangan kapasitas penerima Program Jalin Matra terus dilakukan sebagai bekal keterampilan KRTP dalam memanfaatkan dana program. Di pulau Bawean, penerima Program Jalin Matra khusus diberi bekal keterampilan mengolah produk ikan.

 

Jenis keterampilan itu sengaja diberikan kepada KRTP program Jalin Matra Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan (PFK), dan Bantuan Rumah Tangga Sangat Miskin (BRTSM) di Pulau Bawean, mengingat kebanyakan penerima bantuan program bermata pencaharian sebagai nelayan.

Dengan pelatihan tersebut diharapkan KRTP memiliki referensi usaha pengolahan ikan untuk mendukung usaha perekonomiannya.

Menggandeng instruktur dari Laboratorium Pangan Dan Teknik Pertanian Universitas Brawijaya, para peserta pelatihan diberi bekal membuat abon, siomay, dan bakso dari bahan olahan ikan pada 23 Oktober 2017 lalu di Balai Kecamatan Sangkapura.Selain penerima program, pelatihan juga dihadiri pendamping program dan perangkat desa serta kecamatan.

Tahun ini, ada 11 desa di 2 kecamatan  yang dibidik Program Jalin Matra PFK dan BRTSM. Untuk BRTSM, ada 3 desa di Kecamatan Tambak yang disasar yakni Desa Paromaan, Sukaoneng, dan Desa Tambak, dengan total penerima bantuan sebanyak 252 rumah tangga sasaran.

Sementara untuk PFK di 8 desa yakni di desa Kumalasa, Lebak, Bululanjang, dan Sungaiteluk (Kecamatan Sangkapura). Sementara di Kecamatan Tambak di Desa Gelam, Tanjungori, Kepuh Teluk, dan Kepuh Legundi. Total Kepala Rumah Tangga Perempuan (KRTP) yang menerima bantuan 467 KRTP. (sal)

 
Copyright © 2009 - 2024 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.