Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

Jalin Matra Bantu Bakso Malang Rubiati

Malang - Menjual bakso di perdesaan memang tak seperti menjual di kawasan perkotaan. Harganya yg jauh lebih murah dari harga di kota membuat penghasilan si penjual terkadang hanya cukup untuk modal belanja kebutuhan berjualan lagi dan kebutuhan sehari-hari.

 

 

Ini seperti yang dilakukan oleh Rubiati (59th). Perempuan asal Desa Sembon, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang ini sehari - hari mencari nafkah dengan berjualan bakso di sekitar desanya. Rubiati merupakan kepala rumah tangga perempuan (KRTP).

Meski suaminya masih ada, namun karena kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan untuk mencari nafkah, mengharuskan Rubiati untuk gigih membanting tulang menyambung hidup.

“Suami saya menderita stroke lebih dari setahun, dan saya juga tidak memiliki keturunan, sehingga saya harus mencari nafkah sendiri,” ujar Rubiati.Dalam kesehariannya, Rubiati menjalani rutinitasnya dengan berjualan bakso khas Malang di kampung sekitar rumah. Saat pagi shubuh, ia harus berjalan kaki ke pasar untuk berbelanja kebutuhan jualan. Jaraknya pun tak dekat, namun ia bersabar menempuhnya karena Rubiati mengakui tidak berani menaiki kendaraan bermotor atau ojek.

Dari berjualan bakso, perempuan kelahiran tahun 1958 ini mendapat penghasilan yang tidak begitu banyak. Yakni kisaran Rp 30 ribu per hari. Namun meski hasilnya  tak seberapa, ia tetap bersabar dan terus berusaha agar usahanya tetap bertahan.

“ Saya hanya berjualan bakso, dan hasilnya cukup untuk kebutuhan sehari dan modal berjualan lagi, semoga bisa terus bertahan,” katanya.Rubiati adalah salah satu KRTP yang menerima bantuan Jalin Matra Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan tahun ini. Karena itu ia berharap bantuan dari Pemerintah Provinsi tersebut bisa digunakan untuk mengembangkan usaha berjualan baksonya.

“Dari bantuan ini saya memperbaiki gerobak bakso dan peralatan lainnya, salah satunya panci untuk menjual. Alat memasak seperti panci yang saya miliki memang sudah usang, dan saatnya diganti,” ucapnya.

Rubiati juga berharap bantuan ini memberikan berkah untuk usahanya agar lebih semangat lagi dalam menghadapi hidup serta dapat meningkatkan taraf hidup keluarganya. (bakti/red).

 
Copyright © 2009 - 2018DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.