Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

Sepeda Jalin Matra untuk Mak Sipon

Kediri - Berjualan pecel keliling menjadi aktivitas keseharian, Sipon (60th). Ibu yang merupakan Kepala Rumah Tangga Perempuan (KRTP) ini tinggal di Dusun Mulyorejo, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri.

 

 

Aktivitas Sipon dimulai sejak pagi hari  pukul 09.00  hingga pukul 16.00 WIB. Pecel Mak Sipon, panggilannya, dijajakan keliling desa dengan harga cukup murah Rp 2000/porsi dan juga gorengan Rp 500 per biji. Semuanya makanan itu dibuat sendiri tanpa bahan pengawet, jadi tidak perlu merasa kwatir jika membeli makanan Mak Sipon.

Tak setiap hari dagangan Sipon Ludes terjual, terkadang masih ada sisa beberapa sayur pecel dan gorengan yang tak terjual, bahkan pernah separuh belum terjual. Hal ini dianggapnya sebabagai suka-dukanya berjualan. Meskipun begitu, Mak Sipon tetap merasa tenang dan bersabar.

“Hujan dan panas saya lalui dengan berjalan. Memang orang jualan itu kadang ramai, kadang sepi. Tinggal sabar aja,” ucapnya bijak.

Melihat perjuangan Mak Sipon, Program Jalin Matra Penanggulangan Feminisme Kemiskinan (PFK) dari Pemprov Jawa Timur memberi bantuan Mak Sipon. Bantuan dana diwujudkan berupa sepeda beserta tas obrok, agar lebih mudah berjualan keliling. Selain itu juga diwujudkan peralatan dapur dan tambahan modal untuk membeli sayuran.

Dengan bantuan Jalin Matra PFK, kini Mak Sipon dapat memenuhi kebutuhan keluarganya hingga bisa menyisihkan Keuntungan dari berjualan keliling untuk ditabung. Dalam seminggu, Mak Sipon bisa memperoleh keuntungan Rp 500.000 hingga RP. 700.000.

Semoga dengan bantuan Program Jalin Matra ini jualan saya berkembang serta mendapatkan rezeki yang penuh keberkahan untuk keluarga," tuturnya.(ekosis/red).

 
Copyright © 2009 - 2024 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.