Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

Jalin Matra Bantu Buruh Genting Punya Usaha Sampingan

Trenggalek - Dusun Sumberagung, Desa Pakis, Kecamatan Durenan merupakan salah satu sentra pengrajin genting dari tanah liat dan batu bata di Kabupaten Trenggalek. Usaha ini bahkan dilakukan oleh mayoritas penduduk di sana.

Tak hanya di Trenggalek, genting dari Desa Pakis Kecamatan Durenan ini cukup dikenal khusunya di wilayah Jawa Timur. Usaha ini termasuk usaha yang padat modal dan padat karya. Bagi yang bermodal cukup biasanya menjadi pemilik uasaha genting, ada juga yang berprofesi sebagai bakul atau pengepul. Namun bagi yang tidak punya modal biasanya sebagai buruh saja. Seperti keluarga ibu Katir (71th) dengan kedua anaknya Mukini (49th) dan Pailah (51th).

Mbah Katir, sapaannya, sebenarnya sudah tidak kuat lagi bekerja karena faktor usia sehingga kedua anaknya yang kini membantunya. Kedua anaknya ini memiliki kondisi tubuh tidak normal, dengan postur tubuh pendek, dan masih lajang. Meski begitu, keduanya bekerja sebagai buruh kesik genting atau memperhalus pinggiran genting untuk membantu ibunya yang sudah tidak bisa maksimal dalam bekerja.

Dari pekerjaan tersebut perbulan mereka mendapat upah sebesar Rp. 200.000,- Penghasilan yang sangat paspasan untuk biaya hidup tiga orang dalam satu keluarga ini. “Hanya ini yang bisa kami lakukan, karena untuk membuka usaha sampingan kami tidak mampu,” kata Mbah Katir.

Mbah Katir menjadi Kepala Rumah Tangga Perempuan (KRTP) sejak 7 tahun yang lalu setelah suaminya meninggal. Keluarga ini tinggal di rumah yang sangat sederhana berlantai batu bata.

Menilai kondisi Mbah Katir, Program Jalin Matra Penanggulanga Feminisme Kemiskinan (PFK) dari Pemprov Jatim membantu agar keluarga ini mempunyai usaha sampingan. Melihat dari kebutuhan, bantuan tersebut akhirnya diwujudkan dalam bentuk  ternak kambing. Ini mengingat di lingkungan sekitar rumah Mbah Katir cukup banyak tersedia pakan ternak kambing. Dengan begitu tidak menyusahkan si mbah dan keluarga untuk merawat ternaknya.

Bantuan ternak kambing dari Jalin Matra PFK ini juga didukung oleh tetangga sekitar Mbah Katir. Mereka menilai, bantuan itu tepat karena sesuai dengan kondisi keluarga dan lingkungan sekitar. Diharapkan dukungan dari tetangga sekitar bisa menambah semangat dari keluarga ini untuk meningkatkan kesejahteraan yang lebih baik.(handayani/red)

 
Copyright © 2009 - 2024 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.