Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

Laris Manis Rawon Jalin Matra Bu Warinah

Mojokerto - Ibu Warinah (58th), seorang penjual gorengan di Desa Berat Kulon, Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Mojokerto. Ia seorang janda yang kini menjadi Kepala Rumah Tangga Perempuan (KRTP) semenjak suaminya meninggal setahun yang lalu.

Sudah lima tahun lalu Warinah berjualan gorengan. Saat itu masih dibantu sang suami, namun setelah suami meninggalkannya ia harus berdagang sendiri bersama seorang anaknya. Sebelumnya, Warinah berjualan di dekat sekolah pondok pesantren. Warung yang tidak permanen dan hanya beratapkan terpal itu kadang membuat Warinah mengelus dada, terutama berjualan saat cuaca hujan. Tak jarang setelah membuat gorengan dan hujan turun deras gorengannya tidak laku. Bahkan kadang harus mengemasi dagangannya untuk dibawa pulang karena lapaknya yang terkena angin.

Hingga akhirnya pemerintah desa setempat membuat lokasi berjualan bagi warganya yang ingin membuka usaha. Fasilitas desa ini kemudian dimanfaatkankannya. Dengan hanya membayar sewa warung sebesar Rp 500.000 per tahun, Warinah bisa berjualan tanpa harus was-was bila angin dan hujan menerpanya.

Tak lama menggunakan fasilitas warung dari pemerintah desa, Warinah kemudian mendapat bantuan dari Pemerintah Provinsi melalui Program Jalin Matra Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan (PFK). Bantuan itu berupa modal barang dan perabot warung agar ia bisa menambah aneka jualan makanan, sehingga tak berjualan gorengan saja.

Dari bantuan Jalin Matra itu, Warinah pun berjualan Nasi Rawon. Sengaja ia berjualan nasi rawon, karena biasanya anak-anak pondok pesantren di Desa Berat Kulon membutuhkannnya untuk makan siang. "Saya menjualnya tidak mahal, hanya seharga Rp5000 per porsi, anak-anak pondok sudah suka sekali," kata Warinah.

Tak hanya ramai pembeli, kini warung Warinah pun enak dipandang mata. Ini karena perabot warungnya cukup lengkap seperti etalase untuk menyimpan kopi dan bahan makanan untuk memasak atau makanan ringan, bangku meja dan kursi untuk makan para pembeli.

"Saya sangat bersyukur dengan bantuan ini. Semoga warung kami tetap lancar dan berkah, sehingga bisa terus berjalan dan mampu mencukupi kebutuhan sehari-hari," tuturnya.(yuyunmaratus/red)

 
Copyright © 2009 - 2018DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.