Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

Khofifah, Penjual Gorengan Yang Dibantu Jalin Matra

Jombang - Program Jalin Matra Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan (PFK) Pemprov Jawa Timur membantu seorang Kepala Rumah Tangga Perempuan (KRTP), Khofifah (57th) yang mencari nafkah dengan menjual makanan gorengan.

Khofifah mendapat bantuan senilai Rp 2.500.000 yang diwujudkan berupa barang perlengkapan memasak dan bahan pokok untuk membuat gorengan. Bantuan yang diberikan pada tahun 2017 lalu itu telah memberi manfaat terhadap Khofifah. Ia kini tidak hanya berjualn di depan rumah, namun sudah menitipkan gorengannya ke beberapa warung.

“Perlengkapan memasak gorengan yang memadai, memudahkan saya membuat gorengan lebih banyak. Kemudian saya titipkan ke beberapa warung, alhamdulillah hasilnya lumayan,” tuturnya.

Sebelumnya, penghasilan Khofifah hanya berkisar Rp 70.000 - Rp 80.000 per hari, kini bisa sampai Rp 100.000 hingga Rp 130.000 per hari. Khofifah sudah lama menjadi KRTP, tepatnya sejak suaminya meninggal tahun 2016. Ia harus bisa menjadi tulang punggung keluarga demi memenuhi kebutuhan hodup sehari - hari.

Namun hal ini tidak menjadi persoalan bagi Khofifah karena selama ini ia terbiasa hidup penuh kesederhanaan. Ia selalu mensyukuri keadaan meski himpitan ekonomi menerpa keluarganya.

Hal yang ia syukuri adalah, keberadaan anak semata wayang nya, Budiharjo (18). Budiharjo adalah anak yang mampu menerima keadaan tanpa mengeluh dan menuntut apapun ke orang tua. Selepas lulus SMA, Budiharjo bertekad untuk bekerja, apapun itu, asalkan bisa membantu meringankan beban ibunya.

Kini Budiharjo bekerja di jasa pembuatan meuble milik tetangga dengan upah yang lumayan untuk makan berdua dengan ibunya. “Budiharjo memang anak yang luar biasa, sejak mash di bangku sekolah dia sudah membantu saya, ia bekerja untuk membiayai sekolahnya. Pagi hari dia sekolah, sore Budiharjo bekerja,” ucap Khofifah.

Selain menjual gorengan, agar bisa kenyisihkan uang untuk tabungan di hari tua, Khofifah juga menerima pesanan anyaman jaring ikan. “Jadi saya harus pandai mencari peluang agar bisa meningkatkan perekonomian kami, karena itu saya bersyukur terpilih sebagai penerima bantuan Jalin Matra. Bantuan ini sangat membantu sekali,” tuturnya.(hamzah/red)

 
Copyright © 2009 - 2024 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.