Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

Nina Soekarwo : Kader PKK Berhasil Bantu Tekan Angka Kemiskinan Di Jatim

Ponorogo - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Jatim, Dra. Hj. Nina Kirana Soekarwo, M.Si, memuji anggota PKK Jawa Timur yang turut bersinegi dengan organisasi perangkat daerah dalam upaya pengentasan kemiskinan.

Bude Karwo saat memberikan sambutan pada pembukaan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XV dan Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG-PKK) Ke-46 Provinsi Jawa Timur Tahun 2018 di Kabupaten Ponorogo, Senin (12/11/2018) juga memberikan apresiasi kepada seluruh anggota TP PKK se-Jatim atas kerja keras, cerdas, dan ikhlas sehingga nama Jawa Timur begitu harum di tingkat nasional.

“Ini karena PKK di Jatim dengan OPD terkait saling berisnergi dalam memberdayakan masyarakat. Tidak perlu diragukan lagi, buktinya tingkat kemiskinan di Jatim dulu mencapai 18%, sekarang sudah di titik 10%” pujinya.

Diakhir sambutannya, Bude Karwo berpesan kepada seluruh kader PKK untuk terus berkarya dengan cerdas, terampil, dengan hati yang luhur, serta terus meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam mengembangkan program-program pokok TP PKK. “Tentu saja target-target itu bisa dicapai dengan memperhatikan local wisdom” pungkasnya.

Seperti diketahui, kader PKK di Jawa Timur dilibatkan secara aktif dalam program Jalin Matra Pemprov Jawa Timur sejak 2015.

Keterlibatan kader PKK berdasarkan asumsi bahwa kebutuhan untuk mendapatkan jalan keluar dari perangkap kemiskinan tidak cukup melalui fasilitasi akses ekonomi tetapi memerlukan dukungan interaksi secara intensif dari “figur” yang secara keseharian sudah dikenal, dan dinilai mampu memberikan perlindungan, berkelanjutan, serta memiliki legitimasi sosial.

Berdasarkan kebutuhan tersebut Kader dari Tim Penggerak PKK adalah figur yang tepat untuk berposisi sebagai “mothercare” bagi KRTP. Gerakan PKK merupakan Gerakan Nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah, yang pengelolaannya dari, oleh dan untuk masyarakat.

Sehingga melalui optimalisasi TP-PKK dalam Program Jalin Matra Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan diharapkan dapat benar-benar secara riil memecahkan permasalahan problematika kemiskinan yang berwajah perempuan di tingkat keluarga. (Red)

 
Copyright © 2009 - 2024 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.