Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

Jaring Pengaman Sosial Pemerintah Provinsi Jawa Timur

Dinas PMD Prov. Jatim mendampingi Gubernur Jawa Timur di Gedung Negara Grahadi telah melaksanakan rapat koordinasi melalui media video conference pada 6 Mei 2020, yang di dihadiri oleh Wakil Gubernur, Sekretaris Daerah serta jajaran Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bersama Bupati/Walikota se - Jawa Timur untuk membahas Jaring Pengaman Sosial dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD).

Gubernur Jawa Timur, Ibu Khofifah Indar Parawansa dalam rapat tersebut mendorong Kabupaten/Kota segera menyelesaikan data-data penerima Jaring Pengaman Sosial Provinsi Jawa Timur dan mempercepat penyaluran BLT DD. Beliau juga menyampaikan agar pendataan keluarga calon penerima Jaring Pengaman Sosial tidak tumpang tindih dengan data penerima BLT DD. Apabila ada data keluarga yang telah menjadi penerima BLT Dana Desa atau Bansos Tunai agar tidak disusulkan ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Jaring Pengaman Sosial ini adalah Suplemen Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Kelurahan dengan target 333.022 Keluarga yang disetorkan  ke saldo rekening BPNT KPM (top up) yang berdomisili di kelurahan dengan nilai manfaat sebesar Rp. 100.000/bulan berlaku selama 3 bulan. Berikutnya adalah Bantuan Pangan dengan target 655.000 keluarga dan Dana akan ditransfer ke rekening OPD Penanggulangan Bencana (bukan RKUD) yang ditunjuk oleh Pemkab/Pemkot untuk dibelanjakan dalam bentuk pangan atau diberikan tunai kepada keluarga penerima manfaat.

Berdasarkan data dari Dinas PMD Prov. Jatim, progres penyaluran BLT DD Bulan ke-1 memiliki Potensi Maksimal BLT DD Rp 2,285 Trilyun untuk 1.265.845 KPM. Penyaluran per tanggal 6 Mei 2020 jam 11.30 WIB telah tersalurkan sebanyak 152 Desa untuk 9.571 KPM, senilai Rp. 5,742,600.000 di 13 Kabupaten, yakni Kabupaten Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Malang, Lumajang, Banyuwangi, Probolinggo, Jombang, Magetan, Bojonegoro, Lamongan, Gresik dan Pamekasan.

 
Copyright © 2009 - 2024 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.