Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

GUBERNUR MENGAPRESI BUPATI PAMEKASAN YANG MENYALURKAN BLT DD LANGSUNG MENDATANGI RUMAH WARGA

Surabaya, 16 Mei 2020.

Untuk kesekian kalinya dalam seminggu terakhir, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melalui Video Conference menyerahkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) bagi masyarakat desa yang terdampak Covid 19 di Gedung Negara Grahadi Surabaya. Hal ini dilakukan sebagai respon atas instruksi Presiden Joko Widodo bahwa seluruh bantuan masyarakat termasuk BLT-DD harus sudah tersalurkan kepada para penerima manfaat sebelum hari Raya Idul Fitri. Kali ini giliran warga Desa Wilayut, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo yang menerima BLT-DD langsung dari Gubernur Khofifah.

Gubernur juga menyaksikan secara langsung penyerahan BLT-DD oleh Bupati Pamekasan Badrut Tamam kepada warga Desa Bunder, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan sejumlah 142 KPM yang diwakili oleh 5 KPM. Bupati Pamekasan, mengucapkan terima kasih kepada Gubernur atas bantuan paket sembako dari Gubernur Jawa Timur kepada masyarakat terdampak di desa Bunder, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan.

Percepatan penyaluran BLT-DD diatur pada Instruksi Menteri Desa PDTT nomor 1 Tahun 2020 tentang Percepatan Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD). Hal ini dilakukan agar masyarakat desa yang terkena dampak Covid 19 segera menerima BLT-DD. Dengan alokasi Dana Desa Provinsi Jawa Timur tahun 2020 sebesar Rp. 7,570 triliun, pagu maksimal untuk BLT DD bisa mencapai Rp 2,285 triliun untuk 1.265.845 keluarga miskin terdampak COVID-19 di 7.724 desa.

Pada kesempatan ini sembari menitikkan air matanya, ibu Yamah 44 tahun warga Desa Wilayut, Kecaman Sukodono, Sidoarjo menyampaikan ucapan terimakasihnya “maturnuwun sanget ibu khofifah, mudah-mudahan cobaan ini segera selesai agar kita bisa kembali bekerja dengan normal. Selama masa wabah ini kami kehilangan pekerjaan karena tempat kami bekerja mengurangi karyawan, dan kami salah satu karyawan Pabrik Rotan yang mengalami pengurangan”. Sementara itu Maryuni, salah satu penerima BLT-DD dari Desa Bunder, Kecamatan Pademawu, Pamekasan “bantuan ini sangat membantu bagi saya karena mengurangi beban ekonomi saya yang terganggu akibat wabah ini, bahkan kemarin saya sempat hutang kepada tetangga karena jualan saya jarang laku” ucap perempuan yang sehari-harinya bekerja sebagai pedagang kerupuk keliling.

Hingga hari ini, BLT-DD di Provinsi Jawa Timur sudah disalurkan kepada 136.477 KPM pada 1.566 Desa di 23 Kabupaten/Kota senilai Rp.78,725 milyar, atau ada penambahan sejumlah 24.864 KPM, 167 desa dan Rp.11,765 milyar dari kemarin.

Dinas PMD Provinsi Jawa Timur

 
Copyright © 2009 - 2020 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.