Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

Training of Trainer (TOT) Aplikasi Desa Melawan Covid-19 (eDMC-19) bagi Fasilitator Kabupaten/Kota di Jawa Timur

Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia ( Kemendes PDTT RI) meluncurkan Aplikasi Desa Melawan Covid 19 (eDMC-19) yang bertujuan membantu dalam hal pencegahan dan penanganan Virus Corona dan kesehatan masyarakat desa.

Selasa, 9 Juni 2020 bertempat di ruang rapat Pusdaltaskin Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur telah dilaksanakan Pelatihan Training of Trainer (TOT) Aplikasi Desa Melawan Covid-19 (eDMC-19) bagi Fasilitator Kabupaten/Kota di Jawa Timur yang difasilitasi oleh Kementerian Desa PDTT RI dengan menggunakan media online (zoom meeting), dimana Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur membuka langsung kegiatan TOT tersebut.

Ir. Mohammad Yasin, M.Si, Kepala Dinas PMD Prov. Jatim dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan tersebut sesuai dengan Surat Edaran (SE) Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2020 tentang Pemanfaatan Penggunaan Aplikasi Desa Melawan Corona Virus Desease 19 (Covid-19) dan Human Development Worker

Aplikasi eDMC-19 ini membantu tim relawan desa dalam melaksanakan kegiatan dan aktifitasnya, serta memberikan edukasi dan informasi secara real time tentang Covid-19 kepada Pemerintah Daerah, Provinsi dan Pusat dalam menentukan kebijakan penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19.

Hadir pula sebagai narasumber pada TOT tersebut Sdr. Nur Said Mustafa, Kasubdit Peningkatan Kapasitas Masyarakat, Ditjen PPMD Kemendes PDTT RI dan Sdr. Andry Dewanto ahmad, Koordinator Tenaga Pendamping Profesional Provinsi Jawa Timur.

Peserta TOT Aplikasi eDMC19 sebanyak 2 orang dari masing-masing Kabupaten/Kota di Jawa Timur, terdiri dari 1 orang pejabat/staf Dinas PMD Kabupaten/Bagian Pemerintahan Kota Batu dan 1 orang Tenaga Ahli Teknologi Tepat Guna (TA TTG). Turut mendampingi proses pelaksanaan TOT dimaksud Sdr. Didik Farianto, Konsultan Kementerian Desa PDTT RI yang bertindak sebagai pemantau dalam proses TOT di Jawa Timur.

 
Copyright © 2009 - 2024 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.