Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

Sinergitas Program Kerja Bersama dalam Pengembangan & Pemanfaatan Embung Desa di Provinsi Jawa Timur

Dalam rangka Sinergitas Program Kerja Bersama antara Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Timur dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur tentang Pengembangan & Pemanfaatan Embung Desa di Provinsi Jawa Timur.

Pada hari senin , 29 Juni 2020 telah dilakukan Penebaran benih ikan lokal Jawa Timur sebanyak 60.000 ekor yang terdiri dari ikan sengkaring 500 ekor, ikan muraganting 2000 ekor, ikan betik 10.000 ekor, ikan bader bank 3000 ekor, udang galah 2500 ekor dan ikan wader 42.000 ekor di Embung Tunggul Wulung Desa Kupuk Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo. Selain itu dilaksanakan pula pembagian  produk ikan sehat bermutu sebanyak 500 paket.

Hadir dalam acara ini Bpk. Drs. Edy Kuncahyo M.Si (Kepala Seksi Sarana Prasarana Desa) yang mewakili Kepala Dinas PMD Prov. Jatim , Bpk Hari Pranoto S.Pi (Kepala Bidang Perikanan Budidaya) mewakili Kepala DKP Prov. Jatim, Kepala Balai KIPM Surabaya II,  Kepala Desa Kupuk, Camat Bungkal , tim dari Dinas Pertanian,  ketahanan Pangan dan Perikanan Kab. Ponorogo, Tim dari Dinas PMD Kab. Ponorogo.

Dalam sambutannya Drs. Edy Kuncahyo M.Si  menekankan perlunya Kerjasama semua pihak dalam pengembangan  embung Tunggul Wulung dan harus dibuatkan Siteplan untuk kepastian hukum dan investasi pada lokasi embung tersebut selain itu dengan  adanya tebar benih ikan dan pemberian produk ikan sehat bermutu tersebut merupakan salah satu upaya alternatif untuk penyediaan protein dan ketahanan pangan dalam menghadapi pandemic covid 19 dan melestarikan budaya ikan lokal yang ada  di Jawa Timur.

Mengingat bahwa embung merupakan sumber kehidupan yang penting untuk makhluk hidup dan sarana prasarana pelestarian ikan lokal jawa timur untuk anak cucu kita nanti dan semoga bermanfaat bagi seluruh masyarakat yang ada di Desa Kupuk, Kec. Bungkal, Kab. Ponorogo.

 

 
Copyright © 2009 - 2024 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.