Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

Pelatihan KPM Tahun 2020

Pelatihan Kader Pemberdayaan Masyarakat (KPM) Prov. Jatim diselenggarakan selama 3 (tiga) hari mulai 21 s/d 23 September 2020 bertempat di Hotel Grand Palace Malang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Timur, Ir. Mohammad Yasin, M.Si membuka secara resmi pada hari Senin 21 September 2020. Dalam sambutannya Kepala DPMD Prov. Jatim berharap Kader Pemberdayaan Masyarakat (KPM) mempunyai peran dan fungsi yang sangat strategis dalam proses pembangunan partisipatif, karena sebagai mitra Pemerintahan Desa.

Kader Pemberdayaan Masyarakat (KPM) harus mampu memastikan perencanaan pembangunan desa dan penggunaan Dana Desa agar sesuai dengan kebutuhan masyarakat desa. Setelah mengikuti Pelatihan KPM ini, para peserta diharapkan mampu mengidentifikasi, potensi dan masalah yang ada di desa, membuat tahapan penyusunan APBD desa sehingga tercipta perencanaan pembangunan desa yang sesuai.

Kegiatan ini menghadirkan 5 narasumber, yaitu:
1. Ardi Erzawan, S. Kom, M. Sos dari Bappeda Prov. Jatim menyampaikan Kebijakan Pemerintah Prov. Jatim dan Kebijakan Pemerintah dalam Pengembangan Kader Pemberdayaan Masyarakat;

2. Ir. Mei Wulandari, MM dari Balai Besar Bina Pemerintahan Desa Malang menyampaikan materi Konsep Pendampingan Masyarakat dan Peran Serta KPM dalam perumusan Kebijakan Pembangunan yang ada di desa.

3. Drs. Petir Pudjantoro, M.Si dari LP2M Univ. Negeri Malang memberikan materi tentang bagaimana cara agar menjadikan personal KPM itu menjadi orang yang lebih berdaya.

4. Mohammad Anwar, SE, MM dari CV. Adhi Bahana Cendekia memberikan materi tentang bagaimana cara melakukan fasilitasi dan komunikasi yang efektif untuk memberikan dampak yang berguna di masyarakat.

5. Sutianah Juara KPM Berprestasi Prov. Jatim dari Kab. Mojokerto memberikan materi tentang partisipasi dalam upaya pemberdayaan masyarakat.

 
Copyright © 2009 - 2024 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.