Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

Dinamika Jawa Timur “Membangun Desa Wisata Berbasis Bumdesa”

Hari Ini, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyrakat Dan Desa Provinsi Jawa Timur, Ir Mohammad Yasin M.Si, Hadir Sebagai Narasumber Dalam Acara Dinamika Jawa Timur “Membangun Desa Wisata Berbasis Bumdesa”.

Acara Yang Diselenggarakan Oleh Suara Sidoarjo Ini, Turut Disiarkan Di Beberapa Stasiun Radio Lainnya Di Jawa Timur Serta Disiarkan Langsung Di Youtube Suara Sidoarjo.

Selain Kadis PMD Prov Jatim, Ir Mohammad Yasin, M.Si, Turut Hadir Dalam Acara Siaran Langsung Pagi Ini Yakni Prof Badri Munir Sukoco, Direktur Pascasarjana UNAIR Serta Iwan Siswoyo Dari Bumdesa Wahana Sentosa (Pengelola Wisata Tjok Brosot Bojonegoro).

Dalam Kesempatan Kali Ini, Moh Yasin Menyampaikan dari 7724 Desa di Jawa Timur, saat ini sudah ada sekitar 6.118 Desa yang Memiliki BUMDesa. Dari 6.118 BUMDesa tersebut, terdata 267 BUMDesa yang Mengelola Unit Usaha Wisata.

Dengan UU 6 Tahun 2014, Desa sudah diberikan kewenangan oleh Pemerintah, setelah diberi kewenangan untuk melaksanakannya maka pemerintah mengalokasikan Dana Desa, di Jatim th 2021 sebesar 7,659 Trilyun untuk 7724 Desa. Menurut Moh Yasin, Mindset harus Kita Benahi, Kita Jangan Hanya Membangun Infrastruktur dan Fisik, infrastruktur penting, Tapi ada juga yg lebih penting, mulai Berpikir untuk melakukan investasi SDM dan pengembangan ekonomi ke depan.

Hadirnya BUMDesa diharapkan dapat mendongkrak Pendapatan Asli Desa. Salah Satu Lini atau Sektor yang diharapkan ialah Sektor Wisata yang Dikelola BUMDesa Ini. Di Akhir acara, Moh Yasin Mengajak Semua Masyarakat untuk Bersama sama Membantu Mengembangkan Potensi Desa. Dari Desa Kita Membangun Indonesia.

 
Copyright © 2009 - 2024 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.