Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

Kadis PMD Prov Jatim Mengunjungi Bumdesa Darma Pitaloka

Kepala Dinas PMD Provinsi Jawa Timur melaksanakan kunjungan kerja di wisata Curah Cottok Innovation Park (CIP) yang dikelola oleh BUM Desa Dharma Pitaloka yang berada di area bukit Desa Curah Cottok Kecamatan Kapongan, Kabupaten Situbondo, 24 Maret 2021.

Samsuri selaku Kepala Desa Curah Cottok menjelaskan CIP ini merupakan hasil kerja bersama sinergi dengan Ir. Puguh Alumni ITB. Adapun road map pengembangan wisata CIP yang dikembangkan terdiri dari kolam renang, agrowisata alam, edukasi peternakan sapi, kantin dan lokasi pompa air tenaga surya yang diberikan oleh alumni ITB Ir. Puguh yang berada pada Tanah Negara.

Kawasan CIP akan menjadi wisata yang menarik karena itu pembangunan sejumlah fasilitas akan secara bertahap untuk menarik wisatawan sehinggan dapat berkontribusi terhadap pembangunan sektor pariwisata di Kabupaten Situbondo.

Dalam kunjungannya Ir. Mohammad Yasin, M.Si menyarankan agar tanah lokasi wisata CIP yang masih berstatus Tanah Negara diusulkan menjadi Tanah Kas Desa agar dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk peningkatan PADes.

Kepala Dinas PMD. Prov. Jatim juga melakukan koordinasi dengan Sekretaris Daerah Kab. Situbondo terkait Tanah Negara yang diusulkan untuk Tanah Kas Desa agar dapat dikembangkan oleh Pemerintah Desa melalui BUM Desa.

 
Copyright © 2009 - 2024 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.