Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

 

Perkuat kearifan lokal , Forkopimda Jatim gelar sarapan bareng 3 pilar desa dan revitalisasi omah rembug.

Kepala Dinas PMD Prov Jatim, Ir Budi Sarwoto, MM mendampingi Gubernur Jatim dalam acara Sarapan Bareng Tiga Pilar Desa dan Revitalisasi Omah Rembug (Balai Kemitraan Polisi - Masyarakat/BKPM) yang diselenggarakan pada, 31 Januari 2022 di Gedung Mahameru Mapolda Jatim.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi inisiasi Kapolda Jatim yang kembali merevitalisasi program Omah Rembug dan Siskamling di tingkat desa dan kelurahan.

Menurutnya, omah rembug dan siskamling memiliki peran multi kompleks dan multi fungsi yang mampu menyelesaikan masalah dari lini paling bawah yakni di tingkat kelurahan atau desa.

Omah rembug dan siskamling sendiri juga menjadi bentuk kearifan lokal yang mampu menjadi solusi dari pemecahan masalah di tingkat bawah dengan melibatkan partisipasi aktif masyarakat. Serta tiga pilar yakni Kepala Desa, Bhabinkamtibmas, dan Babinsa bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Gubernur Khofifah mengatakan, peran tiga pilar yakni bhabinkamtibmas, babinsa dan kepala desa/lurah sangat penting untuk mewujudkan kondusifitas dari lini paling bawah. Tiga pilar juga memiliki peran penting dalam membangun sinergi, kolaborasi, strong partnership dan gotong royong diantara masyarakat.

 
Copyright © 2009 - 2024 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.