Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

 

Gubernur Jawa Timur Apresiasi Kerja Aparatur Pemerintahan Desa di Jawa Timur dan luncurkan SIBERMATA 2.0

Gubernur, Khofifah Indar Parawansa menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kerja keras aparatur pemerintah desa, sehingga Pemerintah Provinsi Jawa Timur memperoleh berbagai penghargaan.

Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa dalam Rapat Koordinasi Pembinaan Aparatur Pemerintahan Desa Provinsi Jawa Timur Tahun 2023 yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Jawa Timur, di Graha Universitas Negeri Surabaya, Kamis (30/11/2023).

Tanggal 10 November 2023 yang lalu, tepatnya di Hari Pahlawan, Kementerian Dalam Negeri memberikan penghargaan kepada Provinsi Jawa Timur kategori daerah dengan pertumbuhan desa yang berkembang paling cepat diantara Provinsi Se-Indonesia, "ujarnya.

Rapat Koordinasi Pembinaan Aparatur Pemerintahan Desa Provinsi Jawa Timur Tahun 2023 dihadiri juga oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Adhy Karyono, Kepala Dinas DPMD Jatim Budi Sarwoto, perwakilan Forkopimda Jatim, Ketua Komisi Pemilhan Umum(KPU) Jatim, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jatim, pejabat danKepala Organisasi Perangkat Daerah(OPD) Jatim, Kepala Desa se-Jatim, Perangkat Desa Se-Jatim, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Jatim serta sejumlah asosiasi pemerintah desa.

Dalam kesempatan ini juga, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meluncurkan aplikasi Sibermata Desa 2.0. Launching ini ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Gubernur Khofifah didampingi Sekdaprov Jatim Adhy Karyono dan Kepala DPMD Provinsi Jatim Budi Sarwoto.

Sibermata ini merupakan singkatan dari Sistem Belajar Mandiri Tata Kelola Desa. Sibermata Desa merupakan aplikasi pembelajaran mandiri secara daring (online) yang diperuntukkan bagi Kepala Desa, Perangkat Desa dan Anggota BPD yang ada di Jawa Timur.

Gubernur Khofifah mengatakan, keberadaan aplikasi Sibermata Desa 2.0 menjadi bukti komitmen kuat Pemprov Jatim untuk terus meningkatkan kompetensi para aparatur pemerintahan desa yang ada di Jatim. Hal ini penting untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan desa yang bersih, efektif, dan transparan.

"Peningkatan kompetensi bagi aparatur pemerintahan desa ini terus kita lakukan. Ini penting untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan desa yang memanfaatkan teknologi dan digitalisasi secara efektif, efisien," katanya. Ia pun menjelaskan bahwa Aplikasi Sibermata Desa ini merupakan satu-satunya aplikasi pembelajaran bagi aparatur pemerintahan desa secara daring yang ada di Indonesia. "Tentunya ini semua kita lakukan agar pelayanan kepada masyarakat dapat terus dimaksimalkan. Sehingga pada akhirnya pembangunan desa dapat dilakukan dengan baik dan kesejahteraan masyarakat meningkat," imbuhnya. Lebih lanjut, Khofifah mengatakan, selama ini Pemprov Jatim terus melakukan berbagai pelatihan baik secara tatap muka maupun online bagi para perangkat desa. Namun, pengembangan konsep Pembelajaran Mandiri secara online ini terus dilakukan..

 
Copyright © 2009 - 2024 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.