Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

PELATIHAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN PENINGKATAN KUALITAS SDM BAGI KELOMPOK MASYARAKAT

PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN 2012

 

Upaya untuk mengurangi kemiskinan di Jawa Timur telah banyak dilakukan melalui berbagai program pembangunan antara lain penyediaan kebutuhan pangan, layanan kesehatan dan pendidikan, perluasan kesempatan kerja, pembangunan pertanian, bantuan modal non komersial dan bergulir, pembangunan sarana dan prasarana, serta pendampingan. Terkait dengan hal tersebut, kebijakan dan program penanggulangan kemiskinan perlu dilakukan reformulasi secara mendasar agar kelompok masyarakat miskin mampu membangun dan menciptakan kesejahteraannya melalui peningkatan kapasitas keberdayaan dan kemandirian yang dimilikinya.

Untuk percepatan kemandirian masyarakat maka perlu dilaksanakan kegiatan Pendidikan Kemasyarakatan dalam rangka Pemberdayaan dan Peningkatan Kualitas Masyarakat Desa/Kelurahan (PKPKM) di Jawa Timur. Kegiatan ini merupakan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia dan mendasarkan bahwa sumber daya manusia merupakan satu-satunya aset yang dimiliki masyarakat miskin, dan perkembangannya memiliki kepentingan yang mendasar dalam pengurangan kemiskinan. Inti dari kegiatan PKPKM adalah memperkuat kelembagaan masyarakat yang dalam hal ini adalah kelompok masyarakat (Pokmas) terhadap bahaya dan resiko kegiatan ekonomi yang tidak menguntungkan seperti renternir sekaligus membangun dan meningkatkan keahlian-keahlian yang dapat dipasarkan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat miskin.

Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat dan Peningkatan Kualitas SDM bagi Kelompok Masyarakat ini dimaksudkan sebagai upaya untuk meningkatkan daya saing, kualitas produksi, dan menciptakan sistem jaringan permodalan, terutama dalam mengembangkan mutu dan berbagai jenis variasi usaha. Sedangkan tujuan Pelatihan ini adalah meningkatkan kemampuan dan ketrampilan serta aksesbilitas bagi kelompok masyarakat.

Melalui Pelatihan ini, diharapkan kemampuan, ketrampilan serta aksesibilitas bagi kelompok masyarakat ini dapat meningkat dalam rangka mewujudkan Kelompok Masyarakat yang mandiri dan sejahtera, khususnya yang terkait upaya pengentasan kemiskinan.

GALERI FOTO KEGIATAN PELATIHAN PKPKM 2012

angk-3 copy
angk-3 copy angk-3 copy
angk4 copy
angk4 copy angk4 copy
kaban copy
kaban copy kaban copy
kabid_angk_5 co...
kabid_angk_5 copy kabid_angk_5 copy
narasumber_angk...
narasumber_angk_2 copy narasumber_angk_2 copy

Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat dan Peningkatan Kualitas SDM bagi Kelompok Masyarakat ini dilaksanakan secara bertahap per Kelompok Masyarakat dengan jadwal sebagai berikut :

1.  Angkatan I untuk Kelompok Masyarakat Petani tanggal 6-9 Juni 2012 di Hotel Batu Permai, Jl. Melati No. 1 Batu, diikuti oleh peserta yg berasal dari :

  • Kabupaten Probolinggo
  • Kabupaten Banyuwangi
  • Kabupaten Madiun
  • Kabupaten Blitar

2.  Angkatan II untuk Kelompok Masyarakat Peternak tanggal 13–16 Juni 2012 di Hotel Batu Permai, Jl. Melati No. 1 Batu,diikuti oleh peserta yang berasal dari:

  • Kabupaten Jombang
  • Kabupaten Malang
  • Kabupaten Bangkalan

3.  Angkatan III untuk Kelompok Masyarakat Pengrajin tanggal 20–23 Juni 2012 di Hotel Batu Permai, Jl. Melati No. 1 Batu,diikuti oleh peserta yang berasal dari:

  • Kabupaten Situbondo
  • Kota Pasuruan

4.  Angkatan IV untuk Kelompok Masyarakat Pedagang dan Perempuan tanggal 26–29 Juni 2012 di Hotel Toetie Resort, Jl. Mawar No. 17 Batu, diikuti oleh peserta yang berasal dari :

  • Kabupaten Ponorogo
  • Kota Malang

5.  Angkatan V untuk Kelompok Masyarakat Nelayan tanggal 4–7 Juli 2012 di Hotel Narita, Jl. Agus salim No. 87 Tulungagung,diikuti oleh peserta yang berasal dari:

  • Kabupaten Tulungagung

Pesertanya berasal dari unsur perwakilan BPMD, perwakilan Kecamatan, perwakilan Desa, Anggota UPKu dan Pendamping. Sedangkan narasumber yang memberikan materi berasal dari :

  1. Bapemas Provinsi Jawa Timur;
  2. CV. Karya Hidup Sentosa;
  3. Wirausaha Ternak Itik;
  4. Wirausaha Keramik;
  5. UPPP Pondok Dadap Malang;
  6. Dinas Peternakan Prov. Jatim;
  7. Disperindag Prov. Jatim;
  8. Dinas Koperasi Prov. Jatim;
  9. Diskanlut Prov. Jatim;
  10. DKP Kabupaten Tulungagung;
  11. Tim PIBLAM Universitas Brawijaya Malang;
  12. Bank BPR Jatim Cabang Malang;
  13. Bank Jatim.
 
Copyright © 2009 - 2024 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.