Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

Tips Sehat

Kulit Manggis Bisa Hambat Penuaan

Ada kabar menggembira- kan bagi Anda yang ingin tampak awet muda. Kini, ada penemuan dari ilmuwan untuk mengham- bat penuaan. Satu penelitian yang dilakukan ilmuwan Institut Pertanian Bogor menemukan bahwa kulit buah manggis (Garcinia mangostana L) dapat bermanfaat untuk menghambat proses penuaan (anti-aging).“Pada kulit bagian dalam buah manggis terdapat senyawa ‘xanthone’, yang merupa- kan bahan aktif yang bersifat anti-kanker dan anti-oksidan yang sangat tinggi, bahkan beberapa kali lipat melebihi kekuatan vitamin C dan E, di mana ‘xanthone’ juga mampu menghambat proses penuaan,” kata Dr Ir Indah Yuliasih, peneliti Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Pertanian IPB di Bogor, Jawa Barat, Kamis (2/2).

Usai pemaparan mengenai “xanthone juice” di Kampus IPB Baranangsiang, kepada Antara ia mengemukakan bahwa “xanthone” adalah kelompok senyawa bioaktif yang mempunyai struktur cincin enam karbon dengan kerangka karbon rangkap. “Turunan ‘xanthone’ berupa @-mangostin, merupakan komponen yang paling banyak terdapat pada kulit manggis,” katanya.

 

Ia menjelaskan bahwa “xanthone” dari kulit manggis itu menunjukkan bahwa pada kulit buah itu dapat bermanfaat bagi kesehatan. “Selama ini, buah manggis hanya diambil manfaat pada buahnya saja, padahal justru pada kulitnya bermanfaat dan punya nilai ekonomi yang lebih tinggi,” katanya.

Sejumlah negara seperti Amerika Serikat,Malaysia,dan Thailand mendapatkan ekspor manggis dari Indonesia. Pelaku bisnis di negara negara tersebut, katanya, mengimpor buah manggis Indonesia dalam bentuk segar, namun sebenarnya yang diincar adalah justru kulit buah tersebut.

Menurut Indah, cukup mudah untuk memanfaatkan kulit buah manggis bagi kemanfaatan kesehatan dimaksud, yakni membuatnya menjadi jus, dan kemudian dicampur dengan bahan herbal dan organik lainnya. Untuk formulasi dalam bentuk sirup, rinciannya, kata dia, sumber “xanthone” dari  fi ltrat kulit manggis, ditambah sumber pemanis dari madu atau gula, dengan pewarna alami ekstrak bunga rosela. Sedangkan untuk rasa bisa dari buah-buahan seperti apel atau anggur.

“Pemanfaatan kulit buah manggis tersebut bisa dilakukan dalam skala rumah tangga hingga industri besar,” katanya dan menambahkan bahwa pelaku usaha di Indonesia sudah ada yang memanfaatkannya dalam skala bisnis, namun dilakukan dengan pemasaran multi level marketing (MLM) yang sulit ditemukan di pasaran umum. (*)

 
Copyright © 2009 - 2024 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.