Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur
Kasrih Bangun Kandang Ayam Bangkok Dari Jalin Matra

Gresik - Berisik suara ayam akhir-akhir ini kerap terdengar dari rumah Kasrih di Desa Tirem, Kecamatan Duduk Sampeyan, Kabupaten Gresik. Itu karena Kasrih membangun kandang ayam Bangkok tepat di belakang rumahnya dari dana bantuan Program Bantuan Jalin Matra RTSM.

Saat ini, ada belasan ayam Bangkok dan ayam Kampung yang dipelihara wanita 40 tahun itu. Selain menjual ayam kepada warga sekitar yang memerlukan, dia juga menjual telur ayam. Usaha tersebut dilakoni Kasrih untuk menambah penghasilan keluarga.

Kasrih menjual satu ekor ayam bangkoknya hingga Rp 100 ribu per ekor untuk ayam dewasa, sementara untuk ayam yang masih kecil, dengan harga Rp 70 ribu per ekor. "Kalau telur biasa saya jual Rp 2000 per butir," katanya.

Usahanya yang digelutinya sejak lama itu hanya untuk menambah penghasilan keluarga, karena penghasilan suaminya dipandang tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga. "Bisa buat tambahan biaya sekolah anak-anak dan sangu sekolah," terangnya.

Kasrih adalah satu dari 10 warga Tirem yang masuk kategori RTSM dan berhak mendapatkan bantuan Jalin Matra. Tahun ini, program tersebut menjangkau 67 desa di 29 kabupaten di Jawa Timur.
Program Jalin Matra juga membidik 372 desa untuk kegiatan Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan, dan 161 desa untuk kegiatan Penanggulangan Kerentanan Kemiskinan (PK2). (red)
 
Copyright © 2009 - 2024 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.