Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

Dibantu Jalin Matra, Jatini Pensiun Jadi Pencari Ikan

Jember - Jatini, Dusun Krajan Desa Cangkring, Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember, mengakhiri profesinya sebagai pencari Ikan Wader. Program Jalin Matra Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan Pemprov Jatim memberinya modal untuk membuka warung yang menyediakan makanan kecil dan minuman.

Semenjak mengoperasikan warung tersebut, penghasilannya bertambah menjadi Rp 50 ribu hingga Rp 75 ribu per harinya. "Dulu saat masih mencari ikan, sehari hanya Rp 20 ribu. Itupun kalau dapat ikan," katanya.

Selain mencari ikan di sawah dan selokan dari pagi hingga sore hari dengan peralatan jaring seadanya,  Kepala Rumah Tangga Perempuan (KRTP) dengan dua anak ini juga sebagai buruh tani lepas, yang dibutuhkan tenaganya hanya pada waktu tertentu.

Dia bersyukur saat ini memiliki penghasilan tetap dari warung yang dikelolanya. Dia menjual beragam makanan dan minuman, dari gorengan, mie instan hingga minuman kopi dan teh. "Terima kasih Jalin Matra yang sudah merubah hidup saya," kata Jatini.

Tahun ini, Program Jalin Matra PFK, menyasar 23.880 Kepala Rumah Tangga Perempuan (KRTP) di 785 desa seluruh Jawa Timur. Sejak 2014 hingga akhir tahun nanti, program yang diinisiasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa itu tercatat sudah menyentuh 53.585 KRTP.

Selain PFK, Program Jalin Matra juga menyasar dua kegiatan lainnya yakni bantuan RTSM, dan penanggulangan kerentanan kemiskinan. (red/ali)

 
Copyright © 2009 - 2017DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.