Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

Jalin Matra Beri Warung Bensin Untuk Keluarga Artiah

Pasuruan - Keluarga berpenghasilan rendah di Desa Galih Kecamatan Pasrepan Kabupaten Pasuruan memanfaatkan bantuan Program Jalin Matra PFK. Keluarga Artiah memanfaatkan bantuan program tersebut dengan membuka usaha warung bensin eceran dan ternak kambing Peranakan Etawa (PE).

 

 

Usulan usaha itu disetujui pada forum rembug Pokmas dengan pertimbangan bahwa keluarga Artiah memiliki kandang kambing, karena sebelumnya pernah menjaga ternak kambing tetangganya dan sapi milik KUD desa setempat.

Sedangkan warung bensin eceran, diharapkan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarga Artiah. "Alhamdulillah bisa untuk makan sehari-hari," terang Artiah.

Artiah sendiri saat ini sudah tidak lagi normal beraktifitas karena sakit. Dasemi, putrinya yang lebih banyak mengambil alih aktifitas pekerjaan sehari-hari.

Sebelum mendapat bantuan dari PFK,  Dasemi bermata pencaharian sebagai buruh kebun duren dan penggaduh ternak sapi milik KUD. Sebagai anggota KUD yang merawat sapi perah ia mendapatkan penghasilan dari setoran susu sapi ±6 liter per hari dengan harga Rp 4.500/liter.

PFK Jalin Matra Provinsi Jawa Timur 2016 Desa Galih Kecamatan Pasrepan Kabupaten Pasuruan. Ia tinggal bersama putrinya Dasemi yang juga seorang janda, dan seorang cucu laki-laki bernama Yogi yang baru lulus SD.

Tahun ini, Program Jalin Matra PFK, menyasar 23.880 Kepala Rumah Tangga Perempuan (KRTP) di 785 desa seluruh Jawa Timur. Sejak 2014 hingga akhir tahun nanti, program yang diinisiasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa itu tercatat sudah menyentuh 53.585 KRTP.

Selain PFK, Program Jalin Matra juga menyasar dua kegiatan lainnya yakni bantuan RTSM, dan penanggulangan kerentanan kemiskinan. (Vita/red)

 
Copyright © 2009 - 2017DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.