Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

Jalin Matra Bantu Siti Asiyah, Pande Besi Asal Kediri

Kediri - Program Jalin Matra PFK tahun ini memberikan bantuan modal aset kepada Siti Asiyah, janda berusia 55 tahun yang berprofesi sebagai pande besi. Warga Dusun Dawung Desa Dawung RT 18 RW 06 Kecamatan  Ringinrejo Kabupaten Kediri.

 

Dalam rembug desa, dia sudah mengusulkan agar bantuan modal tersebut dibelikan bahan baku besi, arang, dan peralatan seperti palu dan alat lainnya. Jika masih ada sisa, akan dibelikan kambing untuk menambah penghasilan.

Siti Asiyah tinggal dengan dua anak beserta dua menantu dan tiga cucunya. Aktifitas usaha sebagai pande besi dibantu oleh anak pertamanya, Agus Sugiono yang berusia 30 tahun.

Keduanya mengolah besi untuk dibuat menjadi sabit untuk dijual ke toko. Dalam sekali kirim ke toko, penghasilan kotor Rp 1 juta didapatkannya. Dari jumlah itu, penghasilan bersih yang didapat hanya Rp 150 ribu. "Sebulan kirim 2 kali, jadi hasilnya sebulan 300 ribu," ujarnya.

Asiyah juga menerima perbaikan cangkul, sabit dan berbagai jenis besi lainnya dari para tetangganya. Harga jasanya untuk perbaikan sabit Rp 15.000,- dan untuk cangkul Rp 40.000,-. Semuanya bergantung pada besar kecilnya jenis besi yang diperbaiki.

Tahun ini, Program Jalin Matra PFK, menyasar 23.880 Kepala Rumah Tangga Perempuan (KRTP) di 785 desa seluruh Jawa Timur. Sejak 2014 hingga akhir tahun nanti, program yang diinisiasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa itu tercatat sudah menyentuh 53.585 KRTP.

Selain PFK, Program Jalin Matra juga menyasar dua kegiatan lainnya yakni bantuan RTSM, dan penanggulangan kerentanan kemiskinan. (Salma/red)

 
Copyright © 2009 - 2017DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.