Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur
Sabtu, 04 Nopember 2017 13:37

Kisah Sukses Bapak Rojiun

Jualan Sosis dan Jajanan

Mengandalkan dari penghasilan suami sebagai kuli bangunan belum cukup untuk menghidupi kebutuhan hidup sehari-hari dengan 3 orang anak, maka saya harus membantu suami dengan berjualan sosis dan jajan meskipun cukup untuk makan sehari hari saja, semoga bantuan Pakde Karwo ini bisa bermanfaat untuk membantu kelangsungan keluarga kami.

 

Rojiun, 33 tahun bapak 3 orang anak ini sehari harinya bekerja sebagai kuli bangunan. Upah kerja sebagai kuli bangunan belumlah cukup untuk untuk memenuhi kebutuhan keluarganya, hasil kerja kerasnya sebagai kuli bangunan hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan makan sehari-hari, itupun jika musim kemarau karena banyak rumah warga yang di renovasi dan banyak juga yang membuat rumah baru di kapung ini.

“Beruntunglah kami mendapatkan program Jalin Matra yang diberikan oleh Pakde Karwo ini melalui Bantuan untuk Rumah Tangga Sangat Miskin, sehingga kami tidak terlalu berpikir panjang untuk menentukan usaha apa yang cocok untuk kami ajukan”. Kata Rojiun pada saat pendamping datang mengidentifikasi kebutuhan penerima bantuan. Usaha istrinya bernama Ita Febrianti yang sehari hari membantu suaminya jualan jajanan dan sosis dengan peralatan seadanya maka sepakat untuk mengajukan kulkas sebagai penunjang pengembangan usaha baru dengan menambah barang daganganya agar bisa menyimpan sosis dalam beberapa jenis di dalam kulkas dan bisa berjualan es . Inilah yang mendorong keluarga mereka untuk mengajukan barang barang yang bisa menunjang usahanya agar bisa lebih berkembang. Semula bu Ita istri bapak rojiun berpenghasilan rata rata per hari 100 ribu rupiah kotor maka dengan bantuan dari pak de Karwo ini bu Ita bisa menambah penghasilan rata rata per hari 125 ribu perhari dan mendapatkan keuntungan 25 – 30 ribu perhari, sehingga pendapatan tambahan istri bapak rojiun ini bisa mencapai rata rata per bulan berkisar 750.000 – 900.000 per bulan.

Jalin Matra menjadikan keluarga ini benar benar bisa menerima manfaat yang sedikit melegakan pikiran mereka sebab mereka berkeyakina bahwa kebutuhan setiap waktunya akan bertambah banyak dengan 3 orang anak yang masih sangat butuh perhatian dan kesiapan secara materi, ini tidak lepas karena kebutuhan sekolah di jaman sekarang yang berangsur angsur semakin meningkat. Sementara penghasilan bapak rojiun yang masih tetap sama sampai hari ini berkisar antara 90 ribu sampai 100 ribu rupiah perhari belum berkurang untuk kebutuhan bapak rojiun sendiri ( rokok dan kopi ). Sehingga mereka merasa sangat terbantu dengan program yang baru saja mereka terima ( jalin Matra BRTSM ).

Bu Ita sehari harinya bisa menjual sosis goring dan es blender.dan beberpa makanan yang dibuat bu Ita secara beragam. Sekarang bu Ita tidak lagi bingung mencari es batu sebab permintaan dalam bantuan ini berupa kulkas 2 fungi untuk membuat es batu dan menyimpan barang (sosis ) dan makanan lainya sehingga tidak perlu tiap hari untuk belanja ke pasar. “pak ali, kulo matur suwun sanget angsal bantuan saking pakde Karwo dadose kulo mboten mloya mlayu tumbas es batu,lan bendinten ten pasar. Sakniki kulo saget kulak seminggu sepindah mawon barange kulo simpen ten kulkas, matur suwun sanget lo pak “ dialog bu Ita ketika pendamping datang ke rumahnya untuk kunjungan. Matur suwune dating gusti Allah mawon bu , kale mpun supe nggeh niki bantuane saking pakde Karwo “kata pendaping desa. Percakapan yang sepintas ini menjadikan kenangan tersendiri pendamping dalam program ini. Hal tersebutlah yang menjadikan para penerima manfaat bantuan Sesuatu yang luar biasa kami dapatkan dalam program ini adalah bagaimana senyum ibu dan bapak yang mendapatkan bantuan ini benar benar terasa begitu menyejukan.

Secara bertahap lambat namun pasti, keluarga ini mulai mendapatkan tambahan penghasilan yang tidak di duga selama ini, jenis usaha yang tidak berat ini dilakukannya dengan senang hati dan bisa mendapatkan tambahan penghasilan yang sedikit bisa mengobati kekurangan ekonominya selama ini. Bapak rojiun tetap bekerja sebagai kuli bangunan sementara penerima manfaat bantuan ini diserahkan kepada isterinya yng usaha menjual sosis dan makanan ringan lainya beserta jajanan ringan yang dijual tepat diteras rumahnya yang sedehana . keluarga dengan 3 orang anak yang masih sangat butuh perhatian dan kasih sayangnya ini setiap hartinya berjibaku dalam usaha bu Ita . tempat jualan yang berada di teras rumahnya ini sambil berdagang juga merwat anak anaknya yang masih usia dini dan sekolah di tingkat dasar. Bapak rojiun hanya sesekali membantu isterinya untuk mengantar istrinya ke pasar (kulakan) barang dagangan yangdijual isterinya. Itupun hanya bisa dilakukan Bapak Rijun di hari libur kerjanya ketika hari jum’at ketika musim kemarau seperti ini. Ketika musim hujan tiba bapak Rojiun beralih ke pekerjaan apa saja yang diperlukan orang lain akan dikerjakannya selama Bapak Rojiun bisa dan mendapatkan upah, istilahnya “kerja serabutan”. Sebab yang bisa dilakukan bapak 3 orang anak ini hanyalah demikian sehingga bantuan yang didaptkannya dari pakde Karwo ini sangatlah membantu perekonomian keluarga mereka meski masih jauh dari kata sempurna namun kecukupan akan lebih bermakna untuk mereka karena sangat membantu dan begitu dibutuhkannya.

Semoga Allah senantiasa memberikan keberkahan kesehatan dan kelancaran untuk para pemimpin jawa timur terlebih beliau bapak kami Pakde Karwo yang menjadikan jawa timur yang makmur.

Terima kasih jalin Matra

Terima kasih Pakde Karwo

Terima Kasih Jawa Timur

Semoga bermanfaat.!!!  (By. Surfatin/Pendamping Desa)

 

Arsip

Pengunjung Online

Pengguna online 121 tamu
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini3660
mod_vvisit_counterKemarin9864
mod_vvisit_counterMinggu ini40416
mod_vvisit_counterMinggu lalu12642
mod_vvisit_counterBulan ini67519
mod_vvisit_counterBulan lalu102118
mod_vvisit_counterTotal28990823

Pencarian

Kalender

April 2024
SSRKJSM
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930

Survey Polling

Bagaimana Kelengkapan Informasi Web DPMD Prov Jatim ?
 
Copyright © 2009 - 2024 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.