Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

Program Peningkatan Kerjasama Desa

Pembangunan Potensi Kawasan Perdesaan

A. Maksud

Kerjasama Potensi Kawasan Perdesaan dimaksudkan untuk Mendorong berkembangnya kemandirian masyarakat Desa/Kelurahan melalui optimalisasi pemberdayaan potensi yang ada dimasing-masing desa/kelurahan guna mempercepat dan meningkatkan kualitas pelayanan, pengembangan ekonomi, dan/atau pemberdayaan masyarakat Desa melalui pendekatan partisipatif.

B. Tujuan

  1. Mengembangkan kemampuan usaha dan peluang berusaha sesuai potensi di masing-masing desa/kelurahan demi peningkatan pendapatan dan kesejahteraan rumah tangga sasaran.
  2. Mengoptimalkan fungsi dan peran Badan Usaha Milik Desa (BumDes) atau sebagai Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat.
  3. Membentuk atau memfasilitasi dan memberikan pembinaan terhadap pelaksanaan Program Kerjasama Potensi Kawasan Perdesaan.
  4. Mengembangkan potensi ekonomi unggulan yang ada dimasing-masing Desa/Kelurahan yang mampu mendorong peningkatan pendapatan masyarakat dan perluasan lapangan kerja yang selanjutnya dituangkan dalam bentuk pengembangan kerjasama potensi kawasan perdesaaan melalui pendekatan parsisipatif.

C. Sasaran

Lokasi/desa pengembangan Kerjasama Potensi Kawasan Perdesaan Kawasan yang dapat diusulkan sebagai kawasan Perdesaan adalah bagian dari suatu Kabupaten/Kota yang terdiri dari beberapa Desa yang berbatasan dalam sebuah wilayah perencanaan terpadu yang memiliki kesamaan dan/atau keterkaitan masalah atau potensi.

 
Copyright © 2009 - 2020 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.