Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

Program Peningkatan Kerjasama Desa

Pemberdayaan Sumberdaya Lokal Berbasis Kawasan Perdesaan

A. Maksud

  1. Mempercepat dan meningkatkan kualitas pelayanan;
  2. Pengembangan ekonomi, dan/atau pemberdayaan masyarakat Desa melalui pendekatan partisipatif dengan mengintegrasikan berbagai kebijakan, rencana, program, dan kegiatan para pihak di perdesaan yang mempunyai potensi untuk dikerjasamakan dengan pihak ketiga.

B. Tujuan

  1. Mengembangkan Sumberdaya Lokal Berbasis Kawasan Perdesaan dan memecahkan permasalahan yang ada.
  2. Meningkatkan peranserta aktif masyarakat dalam pengambilan keputusan pembangunan secara terbuka, demokratis dan bertanggungjawab.
  3. Mengembangkan kemampuan usaha dan peluang berusaha dalam rangka peningkatan pendapatan dan kesejahteraan bagi masyarakat dalam suatu perdesaan.
  4. Menerapkan dan memanfaatkan Teknologi Tepat Guna dalam pengembangan usaha dan ekonomi dalam suatu perdesaan.
  5. Menciptakan kesempatan kerja melalui pengembangan usaha dalam suatu kawasan perdesaan rangka mengatasi pengangguran.
  6. Meningkatkan sarana prasarana perdesaan yang mendukung pengembangan ekonomi perdesaan dan penanggulangan kemiskinan.
  7. Menguatkan kapasitas kelembagaan agar berfungsi dan berperan optimal sebagai pengelola program Pengembangan Sumberdaya Lokal Berbasis Kawasan Perdesaan.
  8. Mengoptimalkan kemitraan antar pemangku kepentingan dalam rangka mewujudkan keterpaduan dan keberlanjutan Program Pengembangan Sumberdaya Lokal Berbasis Kawasan Perdesaan.

C. Sasaran

Pengembangan Sumberdaya Lokal Berbasis Kawasan Perdesaan dilakukan terhadap Kawasan yang dapat diusulkan sebagai kawasan Perdesaan adalah bagian dari suatu Kabupaten/Kota yang terdiri dari satu Desa atau lebih dari satu Desa yang berbatasan dalam sebuah wilayah (Kecamatan) perencanaan terpadu yang memiliki kesamaan dan/atau keterkaitan masalah potensi yang ada di perdesaan dan bisa dikembangkan melalui kerjasama dengan pihak ketiga.

 
Copyright © 2009 - 2020 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.