Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

Program Peningkatan Kapasitas Lembaga Kemasyarakatan Desa/Kel.

Pemberdayaan Forum/Asosiasi Kader Pemberdayaan Masyarakat (KPM) di Jawa Timur

 

A. Maksud dan Tujuan

Sebagai suatu sarana untuk berkomunikasi dan kerjasama antar KPM, sebagai wadah untuk tumbuh kembangnya Kader Pemberdayaan Masyarakat. Dimana FK-KPM Provinsi Jawa Timur tersebut sudah tersusun pengurusnya untuk periode tahun 2014. Setiap pengurus terpilih mempunyai program / kegiatan yang telah dilakukan di wilayahnya masing-masing.

B. Peran dan Fungsi Forum

Sebagai mediator Kader Pemberdayaan Masyarakat (KPM) di Jawa Timur untuk saling berkomunikasi dan berbagi informasi terkait kegiatan pemberdayaan masyarakat dan pembangunan partisipatif yang telah dilakukan di wilayah masing-masing.

Adapun Fungsinya :

  1. Pengidentifikasian masalah, kebutuhan dan sumber daya KPM di Jawa Timur;
  2. Penampungan dan penyaluran aspirasi, hasil inovasi dan kreatifitas KPM di Jawa Timur;
  3. Pemberian motivasi, penggerakan dan pembimbingan KPM di Jawa Timur dalam upaya mendukung pelaksanaan kegiatan pemberdayaan masyarakat dan pembangunan partisipatif di wilayahnya masing-masing;
  4. Pengkoordinasian pelaksanaan kegiatan KPM Jawa Timur dengan pemerintah atau stakeholder terkait untuk menciptakan hubungan dan kerjasama yang sinergis;
Kabupaten/Kota yang sudah membentuk FK-KPM sebanyak 2 Kota dan 10 Kabupaten, yaitu : Kota Kediri, Kota Pasuruan, Kab. Sampang, Kab. Bangkalan, Kab. Blitar,  Kab. Probolinggo, Kab. Jember, Kab. Malang, Kab. Nganjuk, Kab. Jombang, Kab. Mojokerto dan Kab. Trenggalek.

 
Copyright © 2009 - 2020 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.