Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

Program Peningkatan Kapasitas Lembaga Kemasyarakatan Desa/Kel.

Pemberdayaan Kader Pemberdayaan Masyarakat (KPM)

 

A. Maksud dan Tujuan

Untuk menyamakan asumsi dan  persepsi gerak langkah kegiatan Kader Pemberdayaan Masyarakat dalam proses pembangunan partisipatif mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan sampai dengan pemeliharaan hasil-hasil pembangunan di Desa/Kelurahan.

Adapun Tujuannya, sebagai berikuit :

  1. Untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam rangka peningkatan fungsi dan peran Kader Pemberdayaan dalam konteks pembangunan partisipatif;
  2. Untuk meningkatkan kemampuan dan kemandirian Kader Pemberdayaan Masyarakat dalam mengelola potensi lokal yang berbasis pada keswadayaan dan gotong royong masyarakat;
  3. Untuk meningkatkan fungsi dan peran Kader Pemberdayaan Masyarakat sehingga mampu meningkatkan kuantitas dan kualiitas perencanaan, pelaksanaan serta pengawasan dalam pembangunan.
Sesuai dengan tujuan dari pemberdayaan KPM yaitu menumbuhkembangkan, menggerakkan prakarsa dan partisipasi atas keterlibatan masyarakat dalam proses pembangunan, Kader Pemberdayaan Masyarakat untuk mengembangkan diri sebagai kader pemimpin dan perintis pemberdayaan potensi lokal melalui penumbuhan kewirausahaan terutama di kalangan generasi muda. Dengan demikian sungguh bijak jika Kader Pemberdayaan Masyarakat (KPM) dijadikan salah satu kekuatan didalam mengisi pembangunan diwilayahnya, karena otonomi daerah itu sendiri merupakan jawaban tuntutan demokratisasi dan perubahan sosial yang membawa konsekuensi kepada semua pelaku pembangunan untuk menyesuaikan diri dengan semangat demokrasi yang bertumpu pada potensi dan aspirasi masyarakat.
 
Copyright © 2009 - 2020 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.