Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

Bidang Bina Pemdes DPMD Prov. Jatim


Pendataan dan Pendayagunaan Profil Desa dan Kelurahan

 

1.1. Latar Belakang

Dalam rangka penyediaan informasi dan data yang valid dan komprehensip sesuai fakta sebagai rujukan perencanaan pembangunan desa dan kelurahan, maka diperlukan Sistem Informasi Pembangunan Desa dan Kawasan Perdesaan berdasarkan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 pasal 86. Pemerintah Provinsi berkewajiban memfasilitasi penyusunan dan pendayagunaan sistem Informasi tersebut, melalui kegiatan Sistem Pendataan dan Pendayagunaan Profil Desa dan Kelurahan dilakukan up-dating tiap tahun secara berkelanjutan sebagaimana diatur dalam Permendagri Nomor : 12 Tahun 2007.

Profil Desa dan Kelurahan merupakan himpunan informasi dan data kondisi nyata dan menyeluruh tentang Kependudukan, Kelembagaan dan Pemerintahan Desa/ Kelurahan yang meliputi : Data Potensi Desa/Kelurahan dan Tingkat Perkembangan        Desa/Kelurahan.

Data Potensi Desa/Kelurahan menggambarkan potensi-potensi yang ada di desa dan di kelurahan, yang terdiri dari potensi sumber daya alam, sumber daya manusia, kelembagaan dan  sarana prasarana yang dapat dipergunakan untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, selain itu untuk menentukan karakteristik unggulan dan kompetitif Desa/Kelurahan serta meningkatkan investasi desa/kelurahan.

Unggulan potensi spesifik berupa sumberdaya alam (SDA), sumberdaya manusia (SDM), kelembagaan serta sarana dan prasarana desa/kelurahan merupakan Tipologi Desa/Kelurahan meliputi : pertanian, nelayan/pesisir, perindustrian/jasa, perladangan, perkebunan dan wisata.

Data Tingkat Perkembangan Desa/Kelurahan adalah status tertentu capaian hasil keberhasilan pembangunan yang mencerminkan tingkat kemajuan  masyarakat, pemerintahan desa/kelurahan serta pemerintahan kabupaten/kota dalam melaksanakan pembangunan desa/kelurahan.

Sedangkan pendayagunaan data Profil Desa/Kelurahan diarahkan untuk :

  1. Data Potensi Desa/Kelurahan digunakan untuk menentukan tingkat potensi umum, potensi perkembangan dan tipologi desa/kelurahan. Data tersebut digunakan sebagai referensi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes), investasi maupun pengembangan usaha masyarakat.
  2. Data Tingkat Perkembangan Desa/Kelurahan digunakan untuk menentukan laju perkembangan desa/kelurahan. Analisis laju perkembangan desa/kelurahan digunakan untuk menentukan klasifikasi desa/kelurahan (Swasembada, Swakarya dan Swadaya) dan status kemajuan desa/kelurahan kategori Mula, Madya dan Lanjut. Sehingga dapat dilihat nilai indeks ekonomi masyarakat, indeks pendidikan masyarakat, indeks kesehatan masyarakat, indeks partisipasi politik masyarakat, indeks keamanan dan ketertiban, indeks peran serta masyarakat dalam pembangunan dan indeks perkembangan desa/kelurahan.

Sebagai bentuk komitmen Pemerintah akan pentingnya data profil desa/kelurahan bagi pembangunan perdesaan, maka diterbitkan dasar pelaksanaan profil desa/kelurahan yaitu:

  1. Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa;
  2. Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah;
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan UU RI No 6 Tahun 2014;
  4. Peraturan Pemerintah Nomor 60 tentang Dana Desa yang Bersumber dari Anggaran dan Pendapatan Belanja Negara;
  5. Peraturan Pemerintah Nomor 73 Tahun 2005 tentang Kelurahan;
  6. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor : 12 tahun 2007 Tentang Pedoman Penyusunan dan Pendayagunaan Data Profil Desa dan Kelurahan.
  7. Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor : 25 tahun 1996 tentang Data Dasar Profil Desa dan Kelurahan. Selanjutnya ditindaklanjuti dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri  Nomor 8 tahun 1996 tentang Petunjuk Keputusan Menteri Dalam Negeri nomor 25 tahun 1996. Di Jawa Timur, Surat Keputusan dan Instruksi Mendagri tersebut ditindaklanjuti dengan Surat Gubernur tanggal 15 Juni 1996 Nomor : 412.21/9016/206/2006 tentang Pedoman Sistem Pendataan Profil Desa dan Kelurahan;
  8. Penggunaan Teknologi Informasi untuk menyusun data dan pendayagunaan Sistem Informasi Desa dan Kelurahan yang dikelola melalui website : www.prodeskel.pmd.kemendagri.go.id.

 

1.2. Maksud dan Tujuan

1.2.1.    Maksud :

Penyusunan dan pendayagunaan profil desa/kelurahan untuk menyediakan data dan informasi primer yang relevan, valid serta komprehensip sebagai rujukan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan serta pemberdayaan masyarakat desa/kelurahan.

1.2.2.    Tujuan :

  1. Tersedianya data primer profil desa/kelurahan (data potensi dan tingkat perkembangan desa/kelurahan) sebagai gambaran menyeluruh masing-masing desa/kelurahan di Jawa Timur;
  2. Terpublikasinya data dan informasi profil desa/kelurahan dalam website maupun media;
  3. Mendorong perencanaan pembangunan desa/kelurahan berbasis data profil desa/kelurahan (baik RPJMDes maupun RKP).

1.3. Sasaran Pelayanan

Sasaran pelayanan kegiatan ini adalah seluruh desa dan kelurahan di Jawa Timur (8.504 desa dan kelurahan terdiri 7.720 Desa dan 784 Kelurahan dalam 660 Kecamatan di 38 Kabupaten/Kota).

Namun dengan keterbatan anggaran (APBD dan APBN) maka fasilitasi kegiatan pelayanan Sistem Pendataan dan Pendayagunaan Profil Desa dan Kelurahan pada TA.  2015, sasaran ditetapkan sebagai berikut :

  1. Melanjutkan fasilitasi entry Data Potensi Desa (Podes) dan Data Tingkat Perkembangan Desa (TPD) melalui www.prodeskel.pmd.kemendagri.go.id ;
  2. Melaksanakan Rakor dengan Pokja Profil Desa/Kelurahan tingkat Kabupaten/Kota se Jawa Timur;
  3. Menyelenggarakan TOT (Training Of Trainer) / bimbingan teknis Sistem Informasi Desa dan Kelurahan berbasis Web bagi Pokja Kecamatan dan Pokja Desa/Kelurahan;

 

Tampilan online Website Profil Desa/Kelurahan dengan alamat www.prodeskel.pmd..kemendagri.go.id

Penanggung jawab : Subid Penguatan Kelembagaan

 

Arsip

Pengunjung Online

Pengguna online 38 tamu
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini162
mod_vvisit_counterKemarin347
mod_vvisit_counterMinggu ini601
mod_vvisit_counterMinggu lalu1850
mod_vvisit_counterBulan ini5668
mod_vvisit_counterBulan lalu10015
mod_vvisit_counterTotal3684888
Copyright © 2009 - 2018DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.