Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

Program Jatim Puspa

Program JATIM PUSPA di fokuskan untuk peningkatan pendapatan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dalam pemulihan dampak wabah Covid-19. Program JATIM PUSPA diprioritaskan bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan tingkat kesejahteraan 8-12 % terendah berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang dikeluarkan oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia pada 15 Kabupaten kantong kemiskinan. Selain itu Program JATIM PUSPA juga ditujukan bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Graduasi Mandiri Sejahtera Program Keluarga Harapan (PKH) Kementerian Sosial.

Program JATIM PUSPA ini merupakan salah satu ikhtiar Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam Penanganan Dampak Covid-19 untuk meningkatkan pendapatan masyarakat terdampak sehingga dapat pulih dan meningkat ketahanan sosial dan ekonominya.

Program JATIM PUSPA dimaksudkan sebagai program yang dirancang khusus untuk mengoptimalkan dan mengefektifkan program penanggulangan kemiskinan perdesaan melalui fasilitasi bantuan dan pendampingan bagi KPM. Program JATIM PUSPA memiliki tujuan sebagai berikut :

  1. Membantu meningkatkan pendapatan KPM untuk memenuhi kebutuhan hidup dasar ditengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Provinsi;
  2. Meningkatkan pemulihan dan pertumbuhan ekonomi di desa ditengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Provinsi.
  3. Memberikan akses interaksi dan pendampingan terhadap KPM melalui optimalisasi peran Kader PKK;
  4. Mendorong motivasi berusaha (need for achievement) dan kemampuan (life skill) KPM dalam rangka meningkatkan kesejahteraannya.

SASARAN

Program JATIM PUSPA diprioritaskan pada desa yang tersebar di lokasi 15 Kabupaten kantong kemiskinan dengan kelompok sasaran Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebagai berikut :

  1. KPM Program Keluarga Harapan (PKH) dengan status Graduasi Mandiri Sejahtera;
  2. KPM yang berasal dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial, diutamakan pada percentil 8–12% atau diatur lebih lanjut dalam Petunjuk Teknis Operasional, yang memenuhi kriteria :
  3. Memiliki anggota rumah tangga perempuan yang mempunyai usaha;
  4. Memiliki anggota rumah tangga masih sekolah.

STRATEGI

Guna mewujudkan tujuan dan sasaran yang telah dirumuskan, maka diperlukan rumusan strategi yang menjelaskan bagaimana tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan akan dicapai. Adapun strategi yang dilakukan dalam Program JATIM PUSPA adalah sebagai berikut :

  1. Stimulus Modal Usaha Ekonomi Produktif;
  2. Pendampingan Usaha KPM oleh Pendamping Desa;
  3. Pelatihan Peningkatan Kapasitas Usaha KPM;
  4. Fasilitasi Pemasaran Produk KPM;
  5. Menciptakan Jaringan Usaha KPM;
  6. Melibatkan Dunia Usaha melalui CSR untuk ikut serta memberdayakan KPM;
  7. Fasilitasi Pinjaman Murah dan Mudah Untuk Pengembangan Usaha KPM melalui Program BIBIT JAMUR BANK.
 

Arsip

Pengunjung Online

Pengguna online 251 tamu
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini4524
mod_vvisit_counterKemarin18331
mod_vvisit_counterMinggu ini123381
mod_vvisit_counterMinggu lalu144721
mod_vvisit_counterBulan ini144637
mod_vvisit_counterBulan lalu626305
mod_vvisit_counterTotal12828702
Copyright © 2009 - 2021 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.