Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

Berkah Bantuan Jalin Matra, Cenil Mbah Minem Laris Manis

Ponorogo - Mbah Minem, KRTP warga Desa Grogol Kecamatan Sawo, Kabupaten Ponorogo telah menggeluti usaha menu khasnya sejak 15 tahun lalu. Cenil yang terbuat dari tepung kanji ini cocok untuk lidah rakyat maupun pejabat. Dengan rasa manis bercampur gula dan parutan kelapa, membuat siapa saja ketagihan.

Makanan khas Desa Grogol ini sangat diminati masyarakat, karena memang rasanya yang tiada duanya. Melihat sekilas cenil ini hampir mirip dengan klepon, hanya saja kalau klepon gula merahnya berada di dalam, tetapi cenil ini menggunakan gula bercampur dengan parutan kelapa ditabur di luar.

Cemilan cenil olahan Mbah Minem ini diproduksi secara tradisional tanpa bahan kimia maupun pengawet. Sehingga selain rasanya yang nikmat tetapi juga menyehatkan, tanpa efek samping.

Saat digelar Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Provinsi Jawa Timur November 2018 lalu, usaha Mbah Minem yang kebetulan berlokasi di Aloon-Aloon Ponorogo laris manis terjual di stand “Jalin Matra”. Belum sampai tengah hari, cenil persediaan Mbah Minem sudah ludes terjual. Kerumunan massa pengunjung antri menyerbu dagangan cenil buatan Mbah Minem.

Produk olahan KRTP ini memang masih diproduksi secara manual dan tradisional tanpa pengawet. Sehingga untuk menikmatinya Anda harus datang ke rumah Mbah Minem atau biasa Mbah Minem berjualan di hari pasaran pasar terdekat dari Desa Grogol. Mbah Minem tinggal di RT/ RW 01/01, Dukuh Klanan, Desa Grogol, Kabupaten Ponorogo.

2018, Mbah Minem mendapatkan bantuan Program Jalin Matra Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan Provinsi Jawa Timur. Bantuan senilai Rp 2,5 juta itu dimanfaatkan Mbah Minem untuk menambah modal usaha. "Alhamdulillah penghasilan bisa bertambah menjadi 150 ribu per hari saat ramai pembeli," jelasnya. (Ebithans/red)

 
Copyright © 2009 - 2024 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.