Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

Penyerahan Bantuan Korban Bencana Alam oleh DPMD Prov Jatim

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur pada hari Sabtu, tanggal 9 Maret 2019 menyerahkan bantuan untuk korban bencana alam di 5 Kabupaten yang terkena musibah banjir, yaitu : Bojonegoro, Tuban, Madiun, Ngawi dan Trenggalek. Khusus untuk Trenggalek diperuntukan bagi korban tanah longsor di Kecamatan Pule.

 

Bantuan untuk Kabupaten Bojonegoro diserahkan oleh Kadis PMD Prov Jatim Ir Mohammad Yasin, MSi di Posko Bencana yang ada di Bakorwil Bojonegoro dan diterima langsung oleh Ka Bakorwil Bpk. Drs Abimanyu MM dan didistribusikan ke warga terkena bencana di Desa Banjarsari Kec. Trucuk Bojonegoro.

Bantuan untuk Kab Tuban diserahkan kepada Ka BPBD Tuban Kec Rengel Bpk Joko di Kantor BPBD Rengel disaksikan oleh Ka Bakorwil Bojonegoro dan Camat Rengel.

 


Bantuan untuk Madiun diserahkan langsung di Posko Bencana Banjir di Kec Balerejo dan diterima oleh Kadis PMD Madiun dan disaksikan oleh Bupati Madiun.

 


Di Ngawi bantuan diterimakan di Posko Bencana di Desa Kendung Kec Kwadungan.

 

Bantuan ini merupakan dana swadaya gotong royong dari seluruh Karyawan/wati DPMD Prov Jatim dan Dharma Wanita Persatuan Dinas PMD Prov Jatim yg dirupakan dalam bentuk Mie Instan 115 Dus, Beras 60 sak @ 10 Kg, Biskuit 32 Dus, Susu 18 Dus, Sarden 1 Dus, Air Mineral 20 Dus, Minyak Goreng 1 Dus.

Bantuan ini diharapkan dapat sedikit meringankan beban rumah tangga yang saat ini rumah dan sawahnya masih terendam banjir. Saat Kadis PMD Prov Jatim meninjau di lapangan di Desa Temulus Kec Rengel Kab Tuban terdapat sekitar 200 lebih KK yg terendam dan 460 Ha lahan pertanian. Bahkan untuk Desa Tambakrejo mengalami terisolir karena semua akses jalan terendam banjir sehingga anak-anak yang sekolah harus naik perahu dan truck yang mampu menerobos genangan air.

Bantuan diharapkan juga bisa dimanfaatkan di Posko-posko pengungsian untuk menambah logistik Dapur Umum yg sudah disiapkan oleh Pemerintah Provinsi dan Kabupaten.

Pemberian bantuan ini merupakan arahan dari Ibu Gubernur dan Bpk Wakil Gubernur agar semua OPD Provinsi hadir di tengah-tengah rakyat yang sedang membutuhkan pertolongan. Pemerintah Provinsi ingin memastikan bahwa semua yg terdampak bencana banjir bisa tertangani dengan cepat dan dipastikan semua pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan baik terutama masalah pendidikan dan kesehatan. Ini adalah bagian dari implementasi CETTAR  tagline Ibu Gubernur dan Bpk Wakil Gubernur, Cepat, Efektif, Tanggap, Transparan, Akuntable dan Responsif.

Mudah-mudahan banjir segera surut dan masyarakat bisa beraktivitas kembali sehingga roda perekonomian bisa berjalan kembali seperti semula.(@Yasin DPMD)

 
Copyright © 2009 - 2024 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.