Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

PELATIHAN SIMANIS DESA

Pelatihan Sistem Administrasi Pemerintahan Desa (SIMANIS-DESA) Provinsi Jawa Timur Tahun 2020 dilaksanakan pada hari Selasa, 11 Agustus 2020 melalui media online dengan peserta dari unsur Dinas PMD Kabupaten di Jawa Timur dan Bagian Pemerintahan Kota Batu dan mengikutsertakan unsur perangkat Desa yang mewakili Desa-Desa di wilayah Kabupaten/Kota tersebut.

Pada kegiatan terpisah Bapak Ir. Mohammad Yasin, M.Si , Kepala Dinas PMD Provinsi Jawa Timur, menyampaikan arahannya bahwa SIMANIS-Desa diharapkan bisa menjadi basis data elektronik administrasi penyelenggaraan pemerintahan didesa dan mampu mewujudkan Pemerintahan Desa yang bersih dan efektif serta langkah menuju digitilasi data desa. Selanjutnya SIMANIS-Desa direncanakan akan dikembangkan untuk pelayanan administrasi (Pelayanan Publik) untuk memudahkan masyarakat desa mendapat pelayanan didesa. Kemudian diakhir arahannya beliau mengharap dukungan, saran dan masukan dari Kabupaten/Kota dan Pemerintahan Desa untuk pengembangan dan perbaikan SIMANIS-Desa kedepan. Hal ini bertujuan tiada lain untuk kemajuan dan kemudahan desa melaksanakan pencapaian penyelenggaraan pemerintahannya yang akan berujung kepada kemudahan pelayanan kepada masyarakat.

Pelatihan tersebut juga menghadirkan Narasumber dari Balai Besar Pemerintahan Desa Kemendagri Malang (Ibu Nur Halimah, S.ST) dengan materi Administrasi Pemerintahan Desa dan Tenaga Ahli aplikasi SIMANIS-DESA Provinsi Jawa Timur dengan materi praktek input data aplikasi SIMANIS-DESA.

Aplikasi SIMANIS-DESA adalah suatu aplikasi Administrasi Pemerintahan Desa berbasis online, dimana aplikasi tersebut memuat beberapa buku administrasi, diantaranya :
1. Administrasi Umum
2. Administrasi Penduduk
3. Administrasi Pembangunan
4. Sedangkan Administrasi Keuangan Desa, sudah difasilitasi oleh Kemendagri dan BPKP (Aplikasi Siskeudes) dan Aset Desa melalui aplikasi (SIPADES) dalam penerapannya.

 
Copyright © 2009 - 2024 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.