Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Kab Tulungagung

Pada hari Jumat, 15 Januari 2021, Kabupaten Tulungagung menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) bulan kesatu di tahun 2021 kepada 1.681 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di 32 Desa dengan jumlah Rp.504.300.000,-. Bupati Tulungagung menyerahkan langsung secara simbolis BLT-DD kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Desa Plandaan, Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung.

Selanjutnya, hari Senin, 18 Januari 2021, BLT-DD disalurkan di 5 Desa, yaitu 3 Desa di Kecamatan Rejotangan (Desa Jatidowo 27 KPM, Desa Buntaran 92 KPM dan Desa Tugu 46 KPM) dan 2 Desa di Kecamatan Gondang (Desa Gondosuli dan Desa Sidomulyo 92 KPM). Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur Ir. Mohammad Yasin, M.Si. didampingi oleh Kepala Dinas PMD Kabupaten Tulungagung berkesempatan menyerahkan langsung secara simbolis BLT-DD bulan kesatu di Desa Jatidowo dan di Desa Buntaran yang masing-masing diwakili oleh 5 orang KPM. Sehingga total sampai dengan hari ini BLT-DD sudah disalurkan di 37 Desa pada 18 Kecamatan bagi 1.892 KPM dengan total anggaran Rp.567.600.000,-.

Dalam laporannya, Kepala Dinas PMD Kabupaten Tulungagung menyampaikan target Pemerintah Kabupaten Tulungagung yaitu BLT-DD bulan kesatu tahun 2021 sudah tersalur kepada seluruh KPM di 257 Desa paling lambat minggu terakhir bulan Januari 2021.

Dalam sambutannya, Kadis PMD Provinsi menyampaikan salam, ucapan terimakasih dan apresiasi dari Gubernur Jawa Timur kepada Pemerintah Kabupaten Tulungagung khususnya bagi Dinas PMD Kabupaten Tulungagung, Kepala Desa dan Pendamping Desa di Tulungagung atas komitmennya dalam mengawal penyaluran BLT-DD tahun 2021 yang sampai hari ini sudah disalurkan kepada 1.892 KPM pada 37 Desa di 18 Kecamatan dengan total anggaran Rp.567.600,000,-. *Hal ini menjadikan Tulungagung sebagai Kabupaten pertama di Jawa Timur yang menyalurkan BLT-DD bulan kesatu*. “semoga ini menjadi contoh dan motivasi bagi Kabupaten lain di Jawa Timur untuk segera menyalurkan BLT-DD bagi warga Desanya”. Beliau juga menyampaikan kepada seluruh KPM penerima BLT-DD guna membelanjakan uang tersebut untuk membeli kebutuhan sehari-hari di lingkungan desanya sendiri, sehingga uang tersebut dapat menggerakkan roda perekonomian desa terutama dimasa pandemi seperti sekarang ini. Tidak lupa beliau juga berpesan kepada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan mengkampanyekan Gerakan 3M yaitu Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak sebagai usaha untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

 
Copyright © 2009 - 2021 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.