Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

 

Kadis PMD Prov Jatim, Soekaryo SH MM Hadiri Sedekah Hasil Panen Gawai Bumi Sumbersoko 2. Acara yang diselenggarakan di Dusun Sumbersoko Desa Jatiwates Kecamatan Tembelang Kabupaten Jombang Jumat Kemarin (10/06/2022) ini, mengangkat tema “Menguatkan kembali semangat kegotong royongan guna mempertahankan tradisi yang adi luhum”.

Acara ini dihadiri oleh Bupati Jombang, Kepala Dinas PMD Prov Jatim, Kepala Dinas PMD dan OPD se Kabupaten Jombang, Camat Tembelang, Kades dan segenap unsur Pemdes Jatiwates, Pengurus dan anggota Lembaga Adat Jatiwates dan para tokoh, sesepuh dan masyarakat desa Jatiwates. Tema Kegiatan Festival Desa Jatiwates kali ini adalah "Gawai Bumi Sumbersoko".

Dalam sambutannya, Kadis PMD Prov Jatim, Soekaryo SH MM menyampaikan bahwa sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, Lembaga Adat Desa sebagai lembaga yang bermitra dengan pemerintah desa bertanggung jawab dalam memberdayakan, melestarikan dan mengembangkan adat istiadat lokal guna menunjang penyelenggaraan pemerintahan, kemasyarakatan dan pembangunan di desa. Keberadaan Lembaga Adat Desa ini juga berfungsi mengayomi dan melestarikan nilai, sistem sosial maupun benda material dari kebudayaan lokal yang ada di desa. Kegiatan Festival Desa Jatiwates ini salah satu contoh yang merupakan bentuk pelestarian adat dan tradisi desa yang dilaksanakan oleh sebuah Lembaga Adat Desa.

Sedekah kali ini dilaksanakan dengan mempertunjukkan persembahan drama tari kolosal, pawai, yang akan dilanjutkan pertunjukan wayang dan malamnya ditampilkan pertunjukan campur sari.

Festival Adat Desa Jatiwates ini sebagai bentuk apresiasi rasa syukur atas panen raya yang melimpah dan menjadi ikon budaya budaya leluhur yang turun temurun yang diselenggarakan oleh Lembaga Adat Desa (LAD) yang sudah memiliki peraturan desa. Kedepan Pemerintah Jawa Timur akan memperhatikan keberadaan LAD sebagai potensi lokal desa yang dapat mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat desa.


 
Copyright © 2009 - 2022 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.