Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

Kembang Desa

Sak Semen Bekas pun

Jadi Duit

Warga Kelurahan Semolowaru, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya, terkenal sebagai warga yang kreatif dan ramah lingkungan. Tidak hanya giat dalam membersihkan lingkungan sekitarnya, namun juga mendaur ulang sampah yang tidak bermanfaat menjadi produk bernilai ekonomis.

Ermien Harijadi contohnya. Warga blok AF No 2 Perumahan Semolowaru Elok Surabaya ini berhasil mereproduksi limbah kertas semen menjadi produk handycraft berupa tas, dompet, jam kreasi, souvenir kantor, tempat tisu, tutup dispenser, dan sebagainya.
Keterampilan berbuah untung itu diperoleh nenek 5 cucu itu melalui pelatihan-pelatihan yang digelar pemerintah, di antaranya Badan Pemberdayaan Masyarakat, baik tingkat kota maupun provinsi. ''Pokoknya saya keliling cari ilmu yang gratis untuk membuat produk dari sak semen,'' kata Ermien
Ide pembuatan produk handycraft seharga Rp 25 ribu hingga Rp 100 ribu/item dari sak semen menurut Hermin berawal dari keprihatinannya melihat banyaknya limbah dari aktivitas pembangunan. Dari berbagai limbah ternyata salah satunya yang dapat dimanfaatkan adalah sak semen. ''Bahannya relative kuat dan mudah dibentuk, serta diberi pewarna,'' jelasnya.
Hermin mengawali usaha reproduksi sak semen dengan modal sendiri. Sedikit demi sedikit dibantu dua rekan dari ibu-ibu di sekitar rumahnya. Produknya mulai dikenal masyarakat berkat bantuan pemasaran dari pihak kelurahan. ''Pak lurah (Lurah Semolowaru, Sumali, red) banyak menyambungkan dan menginformasikan acara pameran-pameran gratis yang digelar pemerintah,'' jelas ibu tiga anak ini. (sal)

 
Copyright © 2009 - 2024 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.