Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur
Sukanti : Semoga Bantuannya Berkah..
Blitar - Sukanti (44) mengaku tidak sabar menanti pencairan bantuan kegiatan Penanggulangan feminisasi Kemiskinan, Program Jalan Lain Menuju Mandiri Sejahtera (Jalin Matra) yang dijanjikan. Dia berharap, bantuan dari Pemprov Jatim itu akan menambah penghasilan untuknya dan biaya sekolah anaknya.


Janda dua anak warga dusun Minggirsari II RT 02 RW 03, Desa Minggirsari Kecamatan Kanigoro kabupaten Blitar ini tercatat sebagai penerima bantuan tahun 2015. Sukanti mengajukan paket bantuan perlengkapan menjahit yang terdiri dari etalase, resleting, benang, jarum serta kain, bantuan tersebut rencananya agak digunakan sebagai penambah modal dalam usaha menjahit.

Order jahitan selama ini banyak diterimanya dari teman-teman di aktifitas sosialnya seperti pengujian dan ibu-ibu PKK. Selain menjahit busana dan seragam, Sukanti juga menerima jahitan perelengkapan rumah tangga lain seperti sarung bantal, sprei dan juga renovasi pakaian (tambal sulam). Dari penghasilan menjahit diperoleh imbalan sekitar Rp. 25.000 – Rp. 40.000 perhari, penghasilan tersebut digunakan untuk pemenuhan kebutuhan sehari hari serta sebagian disisihkan untuk keperluan sekolah kedua putrinya.

Sukanti dikenal perempuan yang tekun dan ulet dalam berusaha, di waktu luang terkadang pada saat kondisi jahitan sepi terkadang Ibu Sukanti juga bekerja sebagai buruh tani di sawah. Namun Sukanti tidak pernah menyerah, dia selalu bersyukur dengan apa yang didapatnya. "Bersyukur adalah kunci hidup bahagia," katanya.

Sejak ditinggal mati suaminya, dia hidup sederhana bersama dua anaknya. Ketiganya tinggal di dalam rumah yang sederhana dengan lantai plester, atap genteng banyak yang bocor serta kayu mulai lapuk adalah peninggalan suaminya, nyaris tidak ada barang yang berharga dirumah selain TV dan mesin jahit, disamping itu kondisi dapur cukup memprihatinkan lantai terbuat dari tanah liat serta perapian dari semen dan batu bata (luweng).

Sukanti mengaku berterima kasih kepada semua pihak yang mengupayakan bantuan Program Jalin Matra, Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan untuk meningkatkan kualitas berusaha dalam rangka peningkatan ekonomi masyarat agar lebih berdaya serta mampu memenuhi kebutuhan ekonomi dengan layak. “Alhamdulilah Mugi Mugi Bantuanipun Mangke Berkah Kagem Kulo Lan Keluarga Saged Nambahi  Artho Sekolahipun Yoga Kulo Amien," ujarnya. (red)
 
Copyright © 2009 - 2024 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.