Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur
Jalin Matra Bangun Warung Pecel Untuk Siti Likaseh

Mojokerto - Program Jalin Matra kegiatan Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan (PFK)  Pemprov Jatim tahun ini akan membangunkan tempat usaha untuk Siti Likaseh (42). Tempat usaha yang diminta janda dua anak ini berupa warung Nasi Pecel, usaha makanan yang digelutinya selama ini.

Dia berjanji, bantuan yang diterima akan dikembangkan untuk menambah kesejahteraan ekonomi keluarganya, khususnya untuk menyekolahkan dua anaknya hingga ke jenjang yang lebih tinggi.”Nggeh Insaallah kulo kembangaken ngantos yugo kulo lulus sekolah” (Ya Inysaallah saya kembangkan sampai anak – anak saya bisa lulus sekolah)," katanya.
Warga Dusun Bangon RT 05 RW 02, Desa Bleberan, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto ini harus menanggung beban ekonomi keluarga sejak ditinggal oleh suaminya 10 tahun lalu. Di depan rumahnya, dia menjual makanan menu nasi pecel, minuman dan makanan ringan.
Dengan penghasilan yang hanya Rp 30 hingga 40 ribu setiap harinya, Siti Likaseh mengaku cukup hanya untuk kebutuhan perut dan biaya sekolah anak-anaknya, dan untuk kebutuhan ibunya yang sudah renta. "Kalau hanya untuk makan cukup, tapi kalau ada kebutuhan-kebutuhan mendadak seperti sakit dan lain-lain, ya kami bingung," terangnya.
PFK adalah satu dari tiga kegiatan Jalin Matra selain Bantuan Rumah Tangga Sangat Miskin, dan Penanggulangan Kerentanan Kemiskinan. Melalui kegiatan PFK, Kepala Rumah Tangga Perempuan (KRTP) atau "Janda Produktif" akan diberi modal usaha untuk membantu mendorong ketahanan sosial ekonomi, memenuhi kebutuhan hidup dasar, memotivasi berusaha (need for achivement) dan kemampuan (litle skill) dalam upaya meningkatkan kesejahteraannya. (Ahmad Ali/sal)
 
Copyright © 2009 - 2024 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.