Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

100 Pendamping Kabupaten Baru Jalin Matra PFK Siap Bekerja

Surabaya - Program Jalin Matra untuk kegiatan Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan (PFK) menambah 100 personil tenaga pendamping desa baru. Mereka siap turun ke lapangan mulai awal Maret 2016.

 

 

100 pendamping desa tersebut sejak pekan lalu sudah mengikuti pembekalan. Pembekalan dibagi dua sesi, 50 pendamping untuk angkatan pertama, dan 50 pendamping untuk angkatan kedua.  Kepada para pendamping desa, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Jawa Timur, Drs Zarkasi MSi, dalam sambutan tertulisnya berpesan, agar bekerja dengan hati, dalam melaksanakan proses pelaksanaan program Jalin Matra. "Pergilah kepada mereka, layanilah mereka, cintailah mereka, dan belajarlah dari mereka," katanya.

Tahun ini, kegiatan PFK menjangkau 11.769 Kepala Rumah Tangga Perempuan (KRTP) di 372 Desa di 29 lokasi kabupaten se-Jawa Timur.  Program Jalin Matra PFK dilaksanakan sejak 2014. Saat itu sudah menjangkau 3.309 KRTP di 54 desa pada 10 kabupaten. Pada 2015 jangkauan sasaran program diperluas menjadi 14.568 KRTP di 416 desa pada 29 kabupaten.

Jalin Matra sengaja menyasar KRTP Pemerintah Provinsi Jawa Timur mencermati adanya peningkatan populasi perempuan yang hidup di bawah garis kemiskinan, serta semakin tumbuh dan akutnya kondisi kemiskinan pada rumah tangga dengan kepala rumah tangga perempuan.


"Fenomena yang sering dikenal sebagai feminisasi kemiskinan atau kemiskinan yang semakin berwajah perempuan tersebut memerlukan upaya khusus dalam rangka penanganannya," kata Zarkasi. (red)

 
Copyright © 2009 - 2024 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.