Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

Gus Ipul : Pemerintah Harus Hadir Di  Rumah-Rumah Keluarga Miskin

Malang - Pemerintah diminta lebih aktif hadir di rumah-rumah keluarga miskin. Kehadiran pemerintah untuk memastikan bahwa warga miskin memperoleh hak-hak dasar seperti rumah, sanitasi, maupun pelayanan pendidikan dan kesehatan.

"Pemerintah tidak hanya harus hadir, tapi juga harus masuk ke rumah-rumah keluarga miskin, untuk mengetahui kebutuhan mereka," kata Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf saat membuka orientasi pengelola Program Jalin Matra di Hotel Olino Garden Malang, Senin (8/5/2017).

Wakil pemerintah yang harus masuk ke rumah-rumah warga miskin dalam Program Jalin Matra yang dimaksud adalah para pendamping program. "Lihat kondisi rumahya, lihat sanitasinya dan pastikan mereka mendapatkan pelayanan pendidikan dan kesehatan," jelas pejabat yang akrab dipanggil Gus Ipul ini.

Tidak hanya itu, melalui Program Jalin Matra, warga miskin juga harus dipastikan mendapatkan pendapatan yang layak untuk memenuhi kebutuhannya. Jika tidak bisa menambah penghasilannya, paling tidak mengurangi pengeluarannya.

Kemajuan Jawa Timur menurut dia adalah kemajuan dari wilayah administrasi terkecil seperti desa dan kelurahan. "Jika desanya maju, maka kecamatan juga maju, kabupaten juga ikut maju," tambahnya.

Orientasi tersebut dimaksudkan untuk Membangun komitmen dan meningkatkan pemahaman tentang Pengelolaan Program Jalin Matra Provinsi Jawa Timur Tahun 2017.

Peserta Orientasi sejumlah 400 orang terdiri dari unsur Kader PKK Desa dan Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa selaku Pendamping Desa dan Koordinator Pendamping Kabupaten dari Kabupaten Probolinggo, Bojonegoro, Bondowoso, Nganjuk, dan Mojokerto.

Dalam acara orientasi tersebut, juga akan dihadirkan perwakilan dari Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Timur, yang akan memberikan materi tentang bahaya narkoba bagi masyarakat. (Red/sal)

 
Copyright © 2009 - 2024 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.