Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

Tim Penggerak PKK Jombang Siap Sukseskan Jalin Matra 2017


Jombang - Tim Penggerak PKK Kabupaten Jombang mengaku siap menyukseskan Program Jalin Matra di Jombang tahun ini. Program yang didesain Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Pemprov Jawa Timur itu terbukti mampu meningkatkan perekonomian keluarga miskin di Kabupaten Jombang.

Janji itu diucapkan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jombang, Hj.Tjaturina Yuliastuti Wihandoko, saat membuka sosialisasi Program Jalin Matra di pendopo Kabupaten Jombang, Senin (15/5/2017).

"Kami siap sukseskan Program Jalin Matra dengan mensinergikan dengan 10 program pokok PKK," katanya.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada gubernur Jawa Timur dan wagub Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) yang telah mengalokasikan dana program untuk masyarakat miskin di Kabupaten Jombang8 melalui Program Jalin Matra. "Terima kasih Pakde Karwo dan Gus Ipul, semoga bantuannya berkah," ujarnya.

Menurut Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Ekonomi Desa/Kelurahan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Pemprov Jawa Timur, Ir Mohammad Yasin MSi, Program Jalin Matra adalah bentuk kehadiran pemerintah di tengah-tengah keluarga miskin.

"Program ini menggunakan prinsip membantu dengan hati mengedepankan empati sosial, karena itu jangan sampai memotong dana program. kalau bisa dengan semangat gotong royong, justru  masyarakat yang berlebih ikut menambah dan membantu," katanya.

Dengan program Jalin Matra kata dia, Pemprov Jatim berharap bisa mempercepat upaya penurunan angka  kemisksinan di Jawa Timur sampai di posisi bawah rata-rata nasional.

Hadir dalam sosialisasi tersebut, selain Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jombang, Sekretaris Komisi D DPRD Kabupaten Jombang, Pipit Rosy Novita SH M.Kn.

Sejak 2015, Jalin Matra di Kabupaten Jombang sudah menyentuh 1.477 Kepala Rumah Tangga Perempuan (KRTP) dan 586 RTSM di 86 desa dg total anggaran mencapai Rp. 8,1 Milyar Tahun ini, Program Jalin Matra disalurkan kepada 421 KRTP, 114 RTSM dan 9 BUMDesa dengan nilai total anggaran Rp 2,2 miliar.

Program Jalin Matra diselenggarakan dengan tiga instrumen kegiatan. Selain Bantuan untuk RTSM, juga Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan (PFK), dan Penanggulangan Kerentanan Kemiskinan (PK2). (sal)

 
Copyright © 2009 - 2024 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.