Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

Jalin Matra Beri Mesin Jahit "Full Deck" Untuk Suntari

Nganjuk - Pekerjaan menjahit Suntari kini bisa lebih cepat. Program Jalin Matra Pemprov Jawa Timur memberinya bantuan sebuah mesin jahit "Full Deck". Mesin jahit yang merapikan jahitan dengan menutup sempurna jahitan di atas permukaan kain.

Mesin jahit pemberian program pemberdayaan yang didesain Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Pemprov Jatim itu melengkapi dua mesin jahit biasa yang dimilikinya selama ini. "Pekerjaan menjahit jadi lebih hemat, otomatis pendapatan juga lebih banyak," kata warga Desa Sumberurip Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk itu.

Suntari memulai bisnis konveksinya dari membikin kaus seragam untuk murid-murid sekolah. Dalam menjalankan usaha konveksinya, Suntari tetap bekerja sama dengan Bosnya dulu yang sudah memiliki konveksi yang lebih besar.

Suntari lebih banyak menggarap orderan yang bersifat finishing. “jadi saya di setorin sama bos kain bakal kaos yang sudah di potong, lha saya tinggal jahit saja” tutur Ibu dari dua anak ini.

Misalnya, ia baru-baru ini merampungkan pesanan Kaos Sepakbola dari beberapa SSB tetangga desa  yaitu Desa Sonopatik. Selain itu, menurut Suntari, ia juga menggarap Gorden dan Tas orderan finishing dari beberapa Bos nya.

"Untuk mengerjakan seratus kaos pesanan bisa membutuhkan waktu 10 hari, alhamdulillah dengan adanya bantuan Jalinmatra PFK 2016 saya dapat membeli mesin jahit Full deck pak, jadi pengerjaannya pesanan saya lebih cepat hampir hemat waktu sekitar setengahnya” celetuknya.

Saat di tanya bagaimana perubahan usaha setelah adanya bantuan PFK 2016, “peningkatan pendapatan usaha ada 2 kali lipat dari sebelumnya pak, karena pengerjaan pesanan lebih cepat sehingga saya dapat lebih banyak mengambil bahan potongan setengah jadi dari Bos saya, dan kedepannya saya akan coba cari kontrakan yang strategis di jalan raya utama akan nama konveksi lebih di kenal lagi” jelas Suntari. (red/khannan).

 
Copyright © 2009 - 2017DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.