Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

Jalin Matra Bangun Warung Ernanik Yang Roboh Diterjang Badai

Nganjuk - Ernanik akhirnya bisa kembali menggelar dagangannya di warung dekat rumahnya di pinggiran Kabupaten Nganjuk. Program Jalin Matra Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan Pemprov Jatim memberinya bantuan untuk membangun kembali warungnya yang sempat roboh dihantam hujan badai.

Saat terjadi hujan lebat disertai angin kencang beberapa waktu lalu, warung milik ibu 37 tahun itu roboh, peralatan dagang yang ada di dalam warung tersebut rusak dan tidak bisa digunakan untuk berjualan lagi.

 

Ia sempat berhenti berjualan dan hanya mengandalkan penghasilan dari jasa jahit baju. Setelah ada bantuan ini ia membelanjakan meja, kursi, kulkas dan peralatan dagang lainya. Sehingga saat ini ia dapat berjualan kembali seperti biasanya. "Alhamdulillah sekarang sudah bisa berjualan lagi berkat bantuan Jalin Matra," kata ibu tiga orang anak ini.

Ernanik mengaku sangat merasakan manfaat Program Jalin Matra PFK. Itu  terwujud dari keuntungan yang ia dapatkan meningkat. Sekarang ia dapat memperoleh sekitar 70-80 ribu per harinya. Dulu untuk menyediakan bahan dagang seperti es saja ia harus membeli, setelah ia mempunyai kulkas sendiri akhirnya bisa memproduksi es sendiri dan menambah variasi barang dagang di warungnya.

Dari keuntungan tersebut ia sisihkan untuk membeli peralatan jahit dan membenahi alat-alat jahit yang sudah rusak sebelumnya. Pada akhirnya kedua usahanya sekarang dapat berkembang dan ramai pelanggan. "Bahkan perangkat desa sekarang sering berlanggan di warung dan tempat jahit saya," tambahanya.

Pengguna jasa jahit nya pun bertambah sehingga ia dapat merasakan hasil usahanya tersebut untuk biaya sekolah anak sehari-hari dan memenuhi kebutuhan lainya.

Ernanik menjadi kepala rumah tangga perempuan sejak 2013, suaminya tidak bisa lagi bekerja dan memenuhi kebutuhan keluarganya sehari-hari dikarenakan sakit paru-paru. Sejak saat itu ernanik membesarkan ke 3 anak nya yang masih kecil dan memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan usaha warung makanan, minuman serta jasa jahit baju.

Menu yang ia jual di warungnya adalah nasi pecel, mie goreng, mie rebus, bermacam-macam minuman seperti es degan, es teh, kopi dan aneka jus. (Putri/red)

 
Copyright © 2009 - 2024 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.