Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

SOSIALISASI JALIN MATRA PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN 2019

Pada hari Rabu, tanggal 13 Maret 2019 di Hotel Singgasana Surabaya dilaksanakan acara Sosialisasi Jalin Matra Provinsi  Jawa Timur Tahun 2019. Turut hadir pada acara tersebut, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Jatim, Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur, Ketua DRD Prov Jatim, Kepala Bakorwil Malang, serta Ketua Pelaksana Pendampingan Program Jalin Matra dari Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang, Universitas Airlangga (Unair) Surabaya dan Universitas Negeri Malang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jatim, Ir Mohammad Yasin, M.Si menyampaikan laporan bahwa Program Jalin Matra Provinsi Jawa Timur telah dilaksanakan sejak Tahun 2014 sampai dengan 2018 yang menjangkau sejumlah 42.630 Rumah Tangga Sangat Miskin (Jalin Matra BRTSM) di 662 Desa di Jawa Timur. Sedangkan untuk Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan (Jalin Matra PFK) telah menjangkau 78.668 Kepala Rumah Tangga Perempuan (KRTP) di 2.491 Desa. Untuk Penanggulangan Kerentanan Kemiskinan (Jalin Matra PK2) telah menjangkau 699 Desa.

Menurutnya, Program Jalin Matra ini bekerja sama dengan 3 Perguruan Tinggi ternama di Jawa Timur yaitu Universitas Negeri Malang, Universitas Brawijaya Malang dan Universitas Airlangga Surabaya. Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi yang dilakukan 3 Perguruan Tinggi tadi, telah terbukti menumbuhkan usaha baru bagi 78.668 KRTP, 42.630 RTSM dan telah mendorong tumbuhnya 669 BumDesa.

 

Sedangkan dalam pengarahannya Arumi Bachsin Emil Dardak selaku Ketua Tim Penggerak PKK (TP PKK) Provinsi Jawa Timur mengatakan “Program Jalin Matra Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan yang telah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur sejak tahun 2014 sampai sekarang dengan sasaran kepala rumah tangga perempuan secara formal melibatkan tim penggerak pkk mulai tingkat provinsi, kabupaten/kota, kecamatan sampai ke tingkat desa/kelurahan.” Beliau menambahkan, Tim Penggerak PKK Prov. Jatim adalah mitra kerja Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang berfungsi memberdayakan keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan lahir batin.

Acara dibuka oleh Bpk Wahid Wahyudi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Jatim. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa Program Jalin Matra adalah salah satu program untuk mengatasi permasalahan yang kita hadapi bersama yaitu kemiskinan dan IPM.(*)

 
Copyright © 2009 - 2024 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.