Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

Kunjungan Kerja Gubernur Jawa Timur di Kabupaten Tuban

Tuban (20/3), Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan bahwa penyebaran pandemi virus Corona (Covid-19) di Jawa Timur memerlukan perhatian yang cukup serius karena menimbulkan korban jiwa serta kerugian material dan telah berdampak pada aspek sosial, ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, fokus pembangunan diarahkan kepada percepatan pemulihan ketahanan ekonomi dan kehidupan masyarakat. Dalam rangka mempercepat pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyalurkan bantuan senilai total Rp.1.690.375.000 bagi 19 Desa untuk bantuan Usaha Program Jatim Puspa, BUMDesa dan Desa Berdaya di Tuban.

Bantuan modal usaha bagi kelompok perempuan melalui program JATIM PUSPA (Pemberdayaan Usaha Perempuan) tersebut disalurkan berbentuk modal usaha bagi kelompok perempuan dengan sasaran 276 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di 10 (sepuluh) Desa.

Tahun 2021 di alokasikan pada 30 Kabupaten/Kota dengan memberikan stimulan modal usaha produktif senilai Rp 2,5 juta setiap KPM. Tahun ini, program Jatim Puspa menjangkau 5.294 KPM di 175 Desa pada 30 Kabupaten/Kota dengan total anggaran yang disediakan Rp. 15,606 Miliar.

Sasaran Program Jatim Puspa antara lain KPM Program Keluarga Harapan (PKH) yang sudah graduasi mandiri sejahtera dan rumah tangga dengan tingkat kesejahteraan 8-12 persen yang terendah yang memiliki anggota rumah tangga perempuan yang memiliki usaha serta memiliki anak masih sekolah berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Tahun 2020 yang dirilis oleh Kementerian Sosial.

Sementara bantuan keuangan khusus kepada Pemerintah Desa untuk pemberdayaan BUM Desa senilai masing-masing Rp 75.000.000 yang dipergunakan untuk menambah permodalan usaha BUM Desa

Sedangkan bantuan keuangan khusus kepada Pemerintah Desa untuk Program Desa Berdaya diberikan sebagai reward kepada Desa yang telah mampu meningkatkan kapasitasnya menjadi Desa Mandiri berdasarkan Indeks Desa Membangun (IDM), yang dipergunakan untuk Pengembangan Desa Tematik melalui Ecoomic Branding

 
Copyright © 2009 - 2024 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.