Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

Pelatihan Operator Komputer

PNPM MPd Prov Jatim

Tahun 2012


 

Pelatihan kali ini adalah bagian yang tidak terpisahkan dari runtutan pelatihan pelaku PNPM Mandiri Perdesaan di Jawa Timur, sebelumnya telah dilaksanakan pelatihan bagi KPMD dan Fasilitator Generasi Sehat dan Cerdas (GSC).

 

Saat ini memasuki Pelatihan Operator Komputer yang diharapkan dapat meningkatkan kinerja positif, antara lain :

  1. Semakin akurat dan cepat proses pendataan dan pelaporan di lokasi program, sehingga perubahan kondisi dan perkembangan baik permasalahan maupun prestasi program akan lebih cepat tersampaiakn kepada yang membutuhkan;
  2. Operator komputer makin bersikap kreatif terhadap inovasi, baik dalam memahami perkembangan kebijakan maupun penguasaan kerja melalui sharing, pelatihan maupun temu tukar pengalaman (TTP);
  3. Semakin minimnya kendala dan resiko atas masalah di lapangan.

Banyaknya masukan kepada satker provinsi, terkait kualitas komunikasi, kompetensi teknis dan pelaporan kegiatan, maka dari itu pelatihan ini diadakan. Ada pilihan (konsekuensi) menarik bagi operator komputer PNPM MPd yang ada disini :

  1. Mari membangun komitmen baru, memperbaiki diri, untuk membantu saudara-daudara kita di perdesaan (± 60% kemiskinannya). Menjadi voulentir dengan membantu tugas fasilitator adalah pekerjaan mulia, maka bekerjalah dengan empati, tingkatkan ketrampilan maupun profesionalisme.
  2. Bagi yang keberatan, silahkan mencabut pernyataan komitmennya sebagai operator komputer, artinya mengundurkan diri dengan gentel.

Pemerintah mengontrak operator komputer, konsekuensinya mengeluarkan anggaran, maka dari itu harus ada pertanggungjawaban, jadi sekarang saatnya mari bersama-sama membangun hati kita untuk membantu saudara kita dari keterbelakangan, menghormati hak-hak rakyat miskin dari keterkungkungannya. Dan memfasilitasi pemerintah lokal untuk melakukan pelayanan yang demokratis, anti diskriminasi dan mendorong partisipasi warga.

PNPM Mandiri Perdesaan dilaksanakan untuk mencapai masyarakat berdaya dengan :

  1. Membangun modal sosial melalui simpan pinjam kelompok perempuan (SPP), untuk Pengembangan Usaha Masyarakat, dan memanfaatkan dana sosial untuk Cash Transfer untuk yang rentan sosial;
  2. Membangun sarana prasarana (sarpras) dasar perdesaan, dengan tujuan untuk mempermudah akses orang dan barang dari desa maupun antar desa;
  3. Mengembangkan kelembagaan masyarakat yang mampu untuk menjamin proses dan mekanisme partisipatif, melaksanakan demokratisasi kegiatan pembangunan.
  4. Mendorong peningkatan index pembangunan manusia, yaitu index kesehatan, index pendidikan dan index kesejahteraan

Lalu bagaimana peran strategis seorang operator Komputer ?

  1. Operator Komputer harus mampu mendorong terwujudnya pendataan dan pelaporan yang baik tentang proses perencanaan partispatif dan demokratis, sehingga dapat dengan cepat dan tepat menginformasikan bangkitnya kesadaran bahwa masyarakat adalah subyek dalam membangun desanya sendiri;
  2. Mampu menyampaiakn saran (advice) atas keluhan, pengaduan dan ketrampilan bagi para pelaku maupun dari masyarakat;
  3. Membantu menginformasikan perkembangan kelembagaan UPK, BP-UPK, maupun BKAD sebagai lembaga masyarakat yang kompten melaksanakan pembangunan partisipatif dan pelestarian kegiatan;
  4. Membantu menginformasikan pengembangan UPK dalam kaitan sebagai lembaga keuangan mikro dan pelestari kegiatan;
  5. Melakukan pembinaan dan pengendalian pendataan dan pelaporan hasil kegiatan bersama-sama fasilitator, Tim pelaksana kegiatan (TPK desa) dan UPK.

Bahwa Pelatihan ini diisi dengan ketrampilan teknis untuk menunjang tugas dan fungsi operator komputer pada Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan.

Dokumentasi Kegiatan Pelatihan Operator Komputer PNPM MPd Prov Jatim Tahun 2012 di Hotel Orchid Jl. Indragiri No. 4 Kota Batu Tanggal 26 – 29 Juni 2012 sebagai berikut :

opk1
opk1 opk1
opk2
opk2 opk2
opk3
opk3 opk3
opk4
opk4 opk4
opk5
opk5 opk5
opk6
opk6 opk6
opk7
opk7 opk7
opk8
opk8 opk8

 
Copyright © 2009 - 2024 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.