Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

Pengelola Jalin Matra RTSM Jalani Orientasi Teknis

 

Surabaya - Pengelola Program Jalan Lain Menuju Mandiri dan Sejahtera (Jalin Matra) bantuan RTSM siap mengelola dana bantuan program, karena mereka telah menjalani Orientasi teknis pengelolaan bantuan RTSM.

Masa Orientasi dibagai beberapa angkatan dari berbagai daerah lokasi program, yang diikuti masing-masing lima orang peserta aparat desa (Kades, Sekdes, Bendahara, Ketua BPD, Ketua LPMD), satu orang peserta aparat kecamatan, dan satu orang lagi peserta aparat dari pejabat atau staf kabupaten pelaksana program Jalin Matra bantuan RTSM.

Kata Kepala Bapemas Provinsi Jatim, Dr's Zarkasi MSI, Orientasi bagi pengelola dan pelaksana Jalin Matra Bantuan RTSM Tahun 2015 ini dilaksanakan untuk menyamakan pemahaman terkait pengelolaan bantuan kepada RTSM melalui Bantuan Keuangan Desa.

"Secara teknis dalam Orientasi itu dijelaskan dengan tuntas, bagaimana langkah-langkah pencairan bantuan, distribusi penggunaannya dan pemanfataan bagi RTSM serta pelaporan, supaya tidak menyulitkan pelaksana di tingkat Desa dan Pertanggungjawabannya," katanya.

Kegiatan Orientasi itu kata Zarkasi sebagai tindaklanjut dari Rapat Koordinasi Teknis pada 19 - 21 April lalu. Jika Rakor Teknis sebagai media sosialisasi kebijakan, Orientasi ini lebih teknis lagi pada pelaksanaan mulai langkah-langkah Pencairan, Pembentukan Kelompok dan Penggunaan Dana Bantuan RTSM dan Pertanggungjawaban.

Total sasaran RTSM yang akan dieksekusi Jalin Matra Bantuan RTSM 2014 s/d 2018 sejumlah 42.857 RTSM, khusus sasaran pada Pilot Project 2014 sejumlah 2.961 RTSM pada 33 desa di 32 kecamatan pada 10 kabupaten (Kabupaten Tulungagung, Kediri, Jember, Banyuwangi, Situbondo, Probolinggo, Pasuruan, Ngawi, Bojonegoro dan Pamekasan). Sedangkan sasaran Jalin Matra Tahun 2015 sejumlah 11.219 RTSM yang tersebar di 171 desa pada 110 kecamatan di 28 Kabupaten Jawa Timur.(sal)


 
Copyright © 2009 - 2024 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.