Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

Jalin Matra Beri Kesempatan Rositah Kembangkan Keahlian Membuat Roti

Ponorogo - Berkat Program Jalin Matra Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan (PFK) Pemprov Jawa Timur, janda tiga anak ini kembali berkarya dengan membuat roti. Sebagai Kepala Rumah Tangga Perempuan (KRTP), di mendapatkan modal Rp 2,5 juta untuk mengembangkan keahliannya.

Oleh warga Disun Pangkal, RT 1 RW 4, Desa Pangkal, Kecamatab Sawoo, Kabupaten Ponorogo itu, bantuan itu dibelikan peralatan membuat kue seperti oven, wajan, serok, kompor gas, tabung gas elpiji, serta bahan baku pembuat kue seperti tepung roti, tepung terigu, telur, dan sebagainya.

 

Banyak jenis roti yang bisa dibuat janda 54 tahun yang memiliki tiga orang anak itu seperti roti goreng lembut, donat kentang legit dan bolu kukus empuk. "Bisa dipesan untuk hajatan, atau sajian untuk tamu di rumah," katanya.

Selain menerima order dari warga desa, Rositah juga menerima order dari daerah lain. "Lumayan buat biaya anak sekolah dan keperluan lainnya," jelasnya.

Jalin Matra PFK menyasar kepala rumah tangga perempuan, karena  Pemerintah Provinsi Jawa Timur mencermati adanya peningkatan populasi perempuan yang hidup di bawah garis kemiskinan, serta semakin tumbuh dan akutnya kondisi kemiskinan pada rumah tangga dengan kepala rumah tangga perempuan.

Tahun ini, Program Jalin Matra PFK, menyasar 23.880 Kepala Rumah Tangga Perempuan (KRTP) di 785 desa seluruh Jawa Timur. Sejak 2014 hingga akhir tahun nanti, program yang diinisiasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa itu tercatat sudah menyentuh 53.585 KRTP. (widhi/red)

 
Copyright © 2009 - 2024 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.