Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

Dibantu Jalin Matra, Rumini Jual Sompil, Punten Pecel, Dan Rujak

Kediri - Rumini, KRTP asal Dusun Setono Pundung, wilayah utara dari desa Ngadi kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, setiap pagi saat ini selalu sibuk dengan aktifitas usahanya.

Selain berjualan rujak, janda yang menanggung beban anak dan seorang cucu itu juga berjualan sejumlah menu khas Kediri, seperti sompil (sejenis lontong yang di makan dengan sayur lodeh dan di beri kedelai goreng halus di taburkan di atasnya), dan punten pecel yaitu makanan yang terbuat dari nasi yang dihaluskan yang dimakan dengan pelengkap sayur dan disiram dengan sambel kacang.

 

Dengan hasil usaha dagang itu, Rumini tidak hanya mengandalkan hasil kerja menantunya yang berada di luar negeri menjadi TKI. Rumini membuka usaha berkat bantuan modal dari Program Jalin Matra Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan (PFK) yang digelar Pemprov Jatim melalui Dinas Pemberdayaan Maayarakat Dan Desa.

Dalam Rembug Pokmas Pendalaman Usulan Kebutuhan, bu Rumini memiliki usulan usaha berupa usaha jual makanan rujak dan minuman. dalam realisasi Bantuan, dana bantuan sebesar Rp. 2.500.000 direalisasikan berupa etalase makanan, kompor dan tabung gas, blender, peralatan masak seperti lemper atau layah, uleg uleg untuk meracik rujak dan modal awal sebesar Rp 168.000 yang di belanjakan beras, sayur mayur serta bahan dasar pembuatan makanan rujak.

Pada siang hari, bu Rumini menambah menu makanannya dengan rujak dan aneka minuman ringan seperti teh, pop ice serta aneka minuman murah yang di blender. Bu Rumini berjualan dari pagi hingga malam, mulai jam 7 pagi hingga sekitar jam 8 malam.

Dalam seminggu, modal yang bergulir dalam usaha ini sebesar Rp 700.000,- dan penghasilan bu Rumini yang didapat setiap harinya dari laba berjualan sebesar Rp 30.000 hingga Rp 50.000,-. Penghasilan yang tidak terlalu banyak, namun dapat di gunakan untuk mencukupi kebutuhan makan dan membayar listrik setiap bulan. " Alhamdulillah cukup untuk biaya hidup sehari-hari dan sedikit menabung," katanya.

Keuntungan lain dari berjualan makanan menurut bu Rumini adalah makanan yang dijual sekaligus untuk makan sehari hari anggota keluarganya. Dia tidak terlalu bingung jika ada sisa makanan yang tidak laku, karena anggota keluarganya juga suka dengan menu menu makanan tersebut. (red/roi)

 
Copyright © 2009 - 2017DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.